Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia

Kamis, 25 Mei 2023 | 09:54 WIB Last Updated 2023-05-25T02:54:00Z


Oleh : Nikhmatul Sholekha 

Mahasiswa FEB UHAMKA


Perekonomian di Indonesia telah mengalami perkembangan ekonomi dari yang tidak stabil hingga kini di saat semua orang tidak akan takut akan kehilangan pekerjaannya. Indonesia sendiri pernah mengalami Krisis ekonomi, dan biasanya krisis ekonomi banyak terjadi dikarenakan ulah sistem ekonomi konvensional, yang mengedepankan sistem bunga sebagai instrumen profitnya. Berbeda dengan apa yang ditawarkan sistem ekonomi syariah, dengan instrumen profitnya, yaitu sistem bagi hasil.

Adapun pengertian dari ekonomi syariah yakni merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah atau sistem ekonomi koperasi berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan. Ekonomi syariah di Indonesia terus menunjukan progres menarik dalam beberapa tahun terakhir. Data The State of Global Islamic Indicator (SGIE) Report 2022 yang diluncurkan DinaStandard di Dubai, Uni Emirate Arab. Indonesia menduduki peringkat keempat setelah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab.

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan ekonomi syariah. Dengan demografi penduduk muslim dan adanya perubahan perilaku masyarakat ke arah digitalisasi, diperlukan inovasi dari bank syariah untuk menghadirkan produk dan layanan perbankan yang terbaik bagi nasabah, shareholders, stakeholders, dan seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu perlu adanya pengenalan terhadap masyarakat tentang keunggulan dan keuntungan menggunakan Bank Syariah,  serta  mengoptimalkan pembangunan islamic ecosystem dan pembangunan keuangan yang berkelanjutan di Indonesia melalui kebijakan bank syariah, diperlukan transformasi digital dan semangat kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan