Pentingnya Membangun Karakter Diri

Minggu, 28 Mei 2023 | 09:10 WIB Last Updated 2023-05-28T02:10:00Z





Oleh :  Fatan Zaki 

Mahasiswa FEB UHAMKA


Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat. Atau karakter dapat dikatakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan individu lain.


Membangun karakter bisa dibentuk dengan macam macam hal seperti lingkungan, kegiatan sehari hari, dan perasaan. Lingkungan memberikan pengaruh kuat bagi individu. Setiap perilaku dan sugesti yang diberikan sedikit banyak akan menjadi contoh dan kemudian ditirukan. Kegiatan sehari hari yang dilakukan secara teratur akan menjadi kebiasaan dan dapat menjadi pengaruh besar dalam perkembangan karakter seseorang. Kegiatan tersebut sebagai contoh nyata bahwa sikap dan gaya keseharian bisa mencerminkan suatu karakter.


Dalam membangun karakter yang baik kita harus mengenal dan mengendalikan diri sendiri. Di dunia ini ada berbagai hal-hal yang bisa mempengaruhi diri kita jika kita tidak bisa menguasai diri kita sendiri. Mengontrol diri sendiri dapat membantu kamu membentuk karakter.

Orang yang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri akan mudah terpengaruh terhadap lingkungan sekitar. Untuk orang yang bisa menguasai dirinya sendiri maka, tidak akan mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar.


Memiliki karakter dapat terlihat ketika kamu bisa menguasai diri kamu sendiri sehingga tidak terpengaruh dengan lingkungan. Tentunya penguasaan diri juga baik dilakukan untuk terhindar dari berbagai pengaruh negatif.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Membangun Karakter Diri

Trending Now

Iklan

iklan