Kemendikbud Dukung Langkah Pemkot Madiun Bagikan Chromebook Kepada para Pelajar Guna Pemanfaatan Aplikasi

Sabtu, 13 Mei 2023 | 08:14 WIB Last Updated 2023-05-13T01:14:05Z


KabarPendidikan.id 
- Direktur Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) I Nyoman Rudi Kurniawan memberikan apresiasi pada langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun yang membagikan ribuan perangkat Chromebook kepada para siswa.

 

"Ini langkah yang baik dalam mengupayakan transformasi pendidikan dan membantu program Kemdikbudristek. Program pembagian Chromebook semasif ini merupakan yang pertama di Indonesia," ujar Nyoman.

 

Ia menuturkan, Kemendikbud Ristek menargetkan di siswa SMP semakin familiar dengan pemanfaatan aplikasi dan bisa melakukan kolaborasi bersama.

 

Kemudian guna mencapainya, pihaknya membagikan akun Belajar.id yang memberikan para siswa akses berbagai tools kolaborasi seperti Google Drive, Google Meet, dan tool pembuat infografis. Hingga 3 Mei 2023, ada sekitar 18.500 siswa dan guru di Madiun yang telah melakukan aktivasi akun Belajar.id, atau sekitar 69,33 persen dari total akun yang tersedia.

 

Dengan membagikan Chromebook, Pemkot Madiun telah membantu memaksimalkan pemanfaatan akun Belajar.id.

 

"Adopsi teknologi seperti penggunaan Chromebook ini di negara maju sudah masif. Siswa bisa bekerja sama dengan yang lain, bahkan dari sekolah dan negara yang berbeda. Kita perlu ikuti," tutur dia.

 

Maidi selaku Walikota Madiun mengaku pembagian ribuan perangkat Chromebook kepada siswa dan guru di wilayahnya untuk mendukung transformasi pendidikan.

 

"Kota Madiun sekarang membuka pintu dunia, bukan jendela dunia lagi. Dengan membuka pintu dunia, kita bisa akses seluruh dunia," ucapnya.

 

Pembagian Chromebook kali ini merupakan gelombang yang kedua dan berjumlah 9.400 unit. Hingga saat ini, Pemkot Madiun telah membagikan sekitar 14.000 perangkat kepada para siswa di beberapa jenjang pendidikan.

 

Upaya ini bertujuan untuk memfasilitasi para siswa agar siap menyongsong generasi emas pada 2045.

 

Inisiatif Pemkot Madiun dalam melakukan transformasi digital di bidang pendidikan, termasuk melalui pembagian perangkat Chromebook, patut diikuti oleh para pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

 

(Alifia Angel/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbud Dukung Langkah Pemkot Madiun Bagikan Chromebook Kepada para Pelajar Guna Pemanfaatan Aplikasi

Trending Now

Iklan

iklan