Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 Secara Resmi Dibuka

Selasa, 04 April 2023 | 08:59 WIB Last Updated 2023-04-04T01:59:18Z


KabarPendidikan.id
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka pendaftaran mulai 29 Maret hingga 2 Mei 2023. PMM memberikan kesempatan kepada mahasiswa jenjang D3, D4 dan S1 untuk bertukar kampus dengan lebih dari 200 perguruan tinggi penerima (PT Penerima) selama satu semester dan sekaligus mendapatkan pengalaman yang berbeda selama periode program. 

 

Selasa lalu (28 Maret 2023) sosialisasi program mahasiswa dilakukan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan program serta persyaratan dan proses pendaftaran peserta. Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, di Jakarta dalam sambutannya menyampaikan meskipun waktu program tidak lama, namun manfaatnya terasa dalam waktu yang sangat lama.

 

“Meskipun programnya hanya berjalan satu semester tetapi kenangan dan dampaknya tentu sepanjang hayat. Adik-adik tidak hanya akan belajar di kampus tujuan tetapi juga akan mendapatkan berbagai program yang sangat menarik dan persahabatan nusantara lintas budaya, lintas suku, lintas agama, lintas adat istiadat,” ungkap Nizam.

 

Sebelumnya, program PMM dilaksanakan pada 2021, dan gelombang kedua menyusul pada 2022. Tercatat hampir 23.800 mahasiswa mengikuti program angkatan 1 dan 2. Pada angkatan ketiga kali ini terdapat perbedaan, yaitu keikutsertaan Perguruan Tinggi Pelaksana Pendidikan Vokasi (PTPPV), baik sebagai PT pengirim maupun sebagai PT penerima. Oleh karena itu, untuk pertama kalinya juga mahasiswa Program Profesi dapat mengikuti program ini. 

 

“Dengan senang hati kami kabarkan bahwa perguruan tinggi vokasi pertama kalinya bergabung dalam program PMM. Kesempatan pengembangan potensi dan bakat sesuai minat mahasiswa juga diberikan kepada mahasiswa vokasi, hal ini sangat penting bagi mahasiswa vokasi karena mereka harus siap menghadapi berbagai kemungkinan masa depan,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati pada kesempatan yang sama.

 

Program PMM sendiri merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

Terdapat pembelajaran khusus tentang keberagaman nusantara yang difasilitasi dalam mata kuliah dari PT Penerima bagi peserta PMM, yaitu Modul Nusantara. Modul Nusantara terdiri dari 16 kegiatan dengan empat tema utama yaitu Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi dan Kontribusi Sosial. Selain itu, mahasiswa juga dapat memilih mata kuliah lain untuk memperluas wawasan dan pemahaman akademik mereka serta memperdalam pengetahuan mereka di bidang tertentu. 

 

Seperti halnya program MBKM lainnya, peserta program ini dikreditkan di kampus asalnya hingga 20 sks dalam satu semester. Selain pengakuan sks, peserta setidaknya mendapat dua manfaat, yakni sertifikat dari Kemendikbud dan bantuan biaya hidup selama satu semester. 

 

Calon peserta PMM Angkatan 3 dapat memilih dari 204 perguruan tinggi pemerima Karena setiap PT menetapkan kuota, mahasiswa disarankan untuk segera mendaftar agar dapat memilih perguruan tinggi yang diinginkan.

 

“Mulai persiapkan dokumen pendaftaran sedini mungkin, karena ketika mendaftar mahasiswa harus langsung memilih perguruan tinggi yang ingin dituju, siapa cepat dia dapat,” kata Kepala Program PMM, Asri Aldila Putri.

 

Informasi lebih lanjut dapat diakses pada pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Mahasiswa juga dapat mengikuti kisah para alumni PMM angkatan sebelumnya melalui akun Instagram resmi @pertukaranmahasiswamerdeka serta laman cerita.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

(Nanda/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 Secara Resmi Dibuka

Trending Now

Iklan

iklan