Jaga Silaturahmi, Fikes Uhamka Adakan Pengajian Ramadan 1444 H dan Santunan Anak Yatim

Selasa, 11 April 2023 | 11:22 WIB Last Updated 2023-04-11T04:22:43Z


KabarPendidikan.id
- Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Pengajian Ramadan 1444 H serta Santunan Anak Yatim dan Buka Puasa, pada Senin (10/4).

 

Sebelumnya dapat diketahui bahwa makna bulan Ramadan bagi umat Islam yaitu diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa umat Islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

 

Pada bulan Ramadan ini, Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Umat Islam dianjurkan untuk bersedakah serta diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrab. Selain itu, berpuasa di bulan Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bula Ramadan bagi umat Islam sangatlah besar. Ramadan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan.

 

Makna Ramadan bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah SAW pun bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

 

Sesuai dengan makna bulan Ramadan sebagai bulan yang penuh keberkahan, Fikes Uhamka melakukan kegiatan pengajian, santunan anak yatim, serta buka puasa bersama.

 

Ony Linda selaku Dekan Fikes Uhamka menyampaikan bahwa Ramadan adalah bulan peningkatan kualitas intelektual, emosional dan spritual. Ramadan adalah bulan silaturahmi dan pengajian Ramadan yang dilakukan oleh Fikes untuk menjalin silaturahmi keluarga besar FIKES Uhamka.

 

“Ramadan merupakan bulan peningkatan kualitas intelektual, emosional dan spiritual. Pada bulan Ramadan juga seluruh keluarga besar Fikes Uhamka melakukan pengajian bersama untuk menjaga erat tali silaturahmi,” tutur Ony Linda.

 

Sementara itu, Kyai Endang dalam ceramahnya mengatakan bahwa hidup akan baik dan lurus apabila kita dekat dengan Al-Quran. Ia mencontohkan, bahwa saat tumbuh-tumbuhan dibacakan ayat quran tumbuhan itu tumbuh baik dan hasil buahnya cukup baik. Tapi tumbuhan yang dibacakan kata-kata kasar akan tumbuh jelek dan buahnya pahit.

 

“Jika tumbuhan saja bisa baik apalagi manusia yang dekat dengan Al-Quran.  Pasti juga akan tumbuh dengan baik,” ujar Kyai Endang.

 

Dalam pengajian ini, Dekan  Fikes juga menyampaikan adanya pembagian hadiah dan bingkisan lebaran kepada Mahasiswa Yatim di Fikes Uhamka dan anak-anak yatim di luar Uhamka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jaga Silaturahmi, Fikes Uhamka Adakan Pengajian Ramadan 1444 H dan Santunan Anak Yatim

Trending Now

Iklan

iklan