Tim Dosen Farmasi Uhamka Dorong Literasi Siswa TK Aisyiyah dengan Pojok Baca

Kamis, 02 Maret 2023 | 17:14 WIB Last Updated 2023-03-02T10:14:46Z


KabarPendidikan.id -
 Tim dosen program studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melalui program RisetMu Batch 6,  melakukan pengabdian yaitu membuat Pojok Baca beserta pemberian buku-buku bergambar yang sangat menarik dan bermanfaat untuk peserta didik TK Aisyiyah, Serpong.

 

Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan berkat adanya bantuan dari PP Muhammadiyah melalui Hibah RisetMU batch VI Tahun Ajaran 2022 /2023 yang kemudian dialokasikan oleh tim pengabdian masyarakat untuk membeli beberapa buku dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat Pojok Baca. Selain itu, pihak TK Aisyiyah juga turut membantu memberikan dekorasi yang terbuat dari kertas kopi, origami, dan stiker.

 

Tim dosen Farmasi Uhamka yang terlibat adalah Wahyu Hidayati dan Fitriani. Membangun minat baca terhadap anak akan lebih baik bila dimulai pada usia dini melalui pengenalan buku-buku bergambar yang menarik perhatian, selain itu juga dibutuhkan tempat atau area  yang menyenangkan dan memberikan rasa aman dan nyaman. 

 

Fitriani selaku dosen Farmasi Uhamka mengatakan bahwa, buku bergambar yang menarik dan bagus dapat menyebabkan anak suka dan tertarik untuk melihat dan membacanya sehingga menjadi hiburan dan pengalaman yang menyenangkan. Area atau tempat yang digunakan untuk membaca juga akan mempengaruhi suasana hati peserta didik agar senang berada di area tersebut yang sering disebut dengan pojok baca.

 

“Berbagai buku dapat diberikan kepada anak sesuai dengan tingkat usia, perkembangan dan kemampuan anak. Usia pengenalan terhadap buku sudah dimulai sejak usia 1 tahun. Umumnya buku-buku tersebut bergambar hewan, buah-buahan,  angka, huruf dengan ilustrasi dan warna yang menarik. Kami juga berterimakasih telah mendapatkan kesempatan dapat melakukan abdimas dengan pendanaan dari diklitbang PP Muhammadiyah. Kami harap, semua dosen-dosen persyarikatan dapat memakmurkan AUM dan ranting Muhammadiyah,” tutur Fitriani.

 

Selanjutnya, Rohimah selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah dalam sambutannya mengatakan antusiasnya karena telah mengajak peserta didik TK Aisyiyah gemar membaca.

 

"Sudah lama kami berniat untuk memiliki perpustakaan di TK kami agar anak-anak dapat mencintai buku dan ilmu" ujar ibu Rohimah.

 

Di lain pihak, Wahyu Hidayati selaku dosen Farmasi Uhamka berharap melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi manfaat untuk peserta didik TK Aisyiyah.

 

"Harapan nya adalah, apa yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak yang bersekolah di sini dan dapat terus mencintai buku," papar Wahyu Hidayati.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Dosen Farmasi Uhamka Dorong Literasi Siswa TK Aisyiyah dengan Pojok Baca

Trending Now

Iklan

iklan