Para Dosen Uhamka Berkolaborasi dalam Pengmas guna Ciptakan Inovasi Sampah Plastik

Rabu, 29 Maret 2023 | 13:43 WIB Last Updated 2023-03-29T06:43:51Z


KabarPendidikan.id - Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yakni Husnin Nahry Yarza dan Maryanti Setyaningsih berkolaborasi dengan dosen Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Uhamka yakni Hendi Saryanto dan Yos Nofendri dalam melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Kegiatan pengmas ini bertemakan tentang inovasi sampah plastik guna menghasilkan produk baru yang lebih bermanfaat seperti pembuatan bahan bakar. Kegiatan pengmas ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 98 Jakarta, Selasa (27/3).

 

Husnin Nahry Yarza selaku dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka menuturkan bahwa beberapa permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat yaitu produksi sampah plastik yang berlebihan dan pada umumnya terbuang ke tempat pembuangan akhir tanpa melalui pemilahan sampah. Nyatanya, sampah plastik ini masih dapat dimanfaatkan dengan melalui proses Replace, Reduce, Reuse, dan Recycle (4R).

 

“Beberapa permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat yakitu produksi sampah plastik untuk saat ini sangat banyak umumnya terbuang ke tempat pembuangan akhir tanpa terjadinya pemilahan sampah. Padahal, sampah plastik ini masih dapat kita manfaatkan dengan melalui Replace, Reduce, Reuse, dan Recycle (4R),” ujar Husnin.

 

Dalam hal ini, sampah plastik merupakan sampah penyumbang hampir 50% di setiap lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan terobosan dan inovasi baru untuk mengurangi dampak dari adanya sampah plastik tersebut. Inovasi yang biasa dilakukan yaitu dengan pembuatan prakarya dari plastik, ecobricks, dan lain-lain dengan menggunakan reaktor pirolis yaitu alat penghancur sampah plastik yang dapat memproduksi bahan bakar. Dengan demikian, Hendi Saryanto dan Yos Nofendri membuat inovasi sampah plastik menjadi bahan bakar ini dengan membuat alat reaktor pirolis.

 

Dilain pihak, Yos Nofendri selaku dosen Teknik Mesin FTII Uhamka mengatakan bahwa dengan adanya alat reaktor pirolis tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam menangani sampah plastik yang berlebih di lingkungan masyarakat serta dapat membantu kebutuhan sumber energi yang terbarukan.

 

“Dengan adanya alat ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi penanganan sampah di lingkungan masayarakat dan dapat membantu kebutuhan sumber energi terbarukan ini,” terang Yos.

 

Oleh karena itu, kepala sekolah SMA Negeri 98 Jakarta sangat mengapresiasi adanya kegiatan pengmas ini karena dapat memberikan edukasi bahwa betapa pentingnya masyarakat khususnya di lingkungan sekolah untuk memiliki kesadaran dan literasi mengenai inovasi serta budaya minimnya sampah plastik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Para Dosen Uhamka Berkolaborasi dalam Pengmas guna Ciptakan Inovasi Sampah Plastik

Trending Now

Iklan

iklan