DPRD Sebut 3.000 Ijazah SMA/SMK tertahan di Sekolah

Selasa, 07 Maret 2023 | 15:01 WIB Last Updated 2023-03-07T08:01:26Z


KabarPendidikan.id
- Cindy Wurangian selaku sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),  menyebut ada 3.000 ijazah siswa SMA/SMK yang  masih tertahan di sekolah. Bahkan, ada yang belum disalurkan hingga tiga tahun lamanya. "Saya mencermati presentasi siswa yang tidak mengambil ijazah dari tahun 2021 mengalami peningkatan." Jelasnya.

 

Pada tahun 2021 ada 14 persen dan di tahun 2022 justru naik 30 persen atau 3.000 Ijazah yang tidak disalurkan atau diambil dari total 10.000 Ijazah sekolah negeri," terang Cindy dalam  Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, Senin (6/3/2023).

 

"Ada apa ini? Saya minta Dikda harus melakukan penelitian kenapa mereka tidak mengambil. Jangan-jangan ada hal-hal lain. Saya ingatkan jangan persulit siswa," ungkap Cindy.

 

Cindy khawatir jika tidak secepatnya di salurkan  nanti akan hilang atau rusak karena terlalu lama di simpan. Kepala Bidang SMA Dikda Sulut, Sri Pasiak menerangkan para siswa harus datang sendiri karena dibutuhkan cap tiga jari.

 

"Kendalanya, seringkali para siswa sudah terlanjur ke luar daerah ataupun kerja. Bahkan, saat ini untuk melanjutkan studi, hanya dibutuhkan surat keterangan lulus. Tak itu saja, para siswa harus cap tiga jari, makanya wajib datang. Pihak sekolah tidak menyulitkan untuk pengambilan ijazah," Jelas  Sri.

 

Dengan adanya jawaban pihak Dikda, Ketua Komisi IV, Vonny Paat meminta Dikda memberikan data sekolah yang belum menyalurkan Ijazah. "Saya minta data mana sekolah yang belum menyalurkan ijazah kami akan turun untuk mendapatlan informasi jelas terkait persoalan ijazah ini," Jelas politisi PDI Perjuangan itu. 


(Annisa Nurani/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPRD Sebut 3.000 Ijazah SMA/SMK tertahan di Sekolah

Trending Now

Iklan

iklan