Daikin Goes To School ke SMKN 29 Jakarta

Senin, 06 Maret 2023 | 23:55 WIB Last Updated 2023-03-06T16:55:23Z

 


KabarPendidikan.id - Daikin Goes To School ini bukan hanya dilaksanakan sekali ke SMKN 29 Jakarta. Regional Support Manager PT Daikin Air Conditioning Indonesia Sumardiyono mengatakan Program berkelanjutan, Daikin Goes To School dikatakannya akan pula berlanjut di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.


"Keberadaannya sendiri akan memperkaya upaya kolaborasi yang telah dilakukan Daikin sebelumnya dengan berbagai seolah menengah kejuruan di Indonesia," Kata Alumni SMKN 29 Jakarta.


Dengan ada kolaborasi spesialis solusi tata udara asal Jepang dengan sekolah kejuruan, bukan hal yang baru. Sebelumnya Daikin bahkan telah menandatangani nota kesepakatan  dengan 34 sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk berkolaborasi.


Mulai dari penyusunan materi kurikulum, pelatihan hingga pengujian kompetensi, keseluruhannya dirancang dalam kerangka besar pembentukan keahlian siswa menghadapi dunia kerja.


"Menjadi pemimpin dalam industri solusi tata udara di Indonesia, menjadi kewajiban kami pula mengambil kontribusi lebih besar untuk turut dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Yang salah satunya kami upayakan melalui berbagai kolaborasi dengan dunia pendidikan ini," jelasnya.


Program Daikin Goes To School ke SMKN 29 Jakarta pada Jumat (24/2/2023), diikuti siswa program Teknik Pendinginan dan Tata Udara, selain paparan seputar industri refrigerasi dan tata udara, Daikin juga memberikan materi soft skill dan pengenalan karier dalam industri tata udara.


"Melalui silaturahmi antara pelaku industri dan pendidikan ini, kami berharap dapat memberi inspirasi siswa didik terkait dengan studi dan karirnya kelak dalam bidang pendinginan dan tata udara," ungkap Talent & Development Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia, David Firdaus.


Penyampaian materi meliputi pengenalan berbagai prinsip dasar terkait peningkatan kualitas udara dalam ruang hingga teknologi berbagai perangkat yang menjadi solusi tata udara dalam ruang.


Keseluruhan materi disampaikan secara interaktif dengan memberi kesempatan siswa didik berinteraksi melalui tanggapan dan berbagi opini atas hal yang disampaikan. Selain memberikan pengetahuan terkait perkembangan dan inovasi solusi tata udara, dalam kesempatan tersebut, Daikin juga memberikan pengenalan karier di bidang teknik refrigerasi dan tata udara.


Salah satunya, menurut dia, dilakukan melalui paparan soft skill yang diperlukan dalam dunia kerja. Disamping itu, terdapat pula sebuah sesi berbagi pengalaman dari salah seorang alumni yang juga merupakan salah satu staf Daikin. "Rancangan keseluruhan program ini dibuat dengan harapan dapat menjadi bekal awal bagi siswa, dengan memberikan gambaran lebih baik untuk memacu motivasi saat memulai karirnya ketika lulus nanti," jelasnya.


(Annisa Nurani/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Daikin Goes To School ke SMKN 29 Jakarta

Trending Now

Iklan

iklan