Ponorogo Dilanda Banjir Setinggi 80 Cm, Sekolah Terpaksa Meliburkan Siswa

Jumat, 17 Februari 2023 | 10:18 WIB Last Updated 2023-02-17T03:18:54Z

 


KabarPendidikan.id - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Ponorogo mengakibatkan banjir sehingga merendam gedung Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 6 Ponorogo. Hal tersebut membuat kegiatan belajar mengajar terpaksa harus diliburkan sementara. Oleh karena itu, para siswa mengaku sedih karena sekolahnya terendam banjir.

 

Kabul selaku guru MIN 6 Ponorogo mengatakan bahwa sekolahnya memang seringkali dilanda banjir terutama saat hujan deras. Ia menceritakan banjir terbesar pernah terjadi pada tahun 2007. Namun, kejadian banjir kali ini juga tidak kalah besar.

 

"Hari ini, ketinggian air mulai 50 hingga 80 cm sehingga anak-anak kami liburkan demi keamanan. Dalam hal ini, total ada 9 ruang yang terendam," ujar Kabul, Rabu (15/2).

 

Beruntung sebelum air sempat meninggi, terdapat beberapa guru yang berjaga di sekolah. Mereka berhasil mengamankan dokumen-dokumen dan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

 

"Jam 11 malam air mulai menggenang di luar ruangan kelas. Kemudian, sekitar jam 2 pagi air mulai masuk ruangan," jelas Kabul.

 

Sementara itu, Ambar selaku siswa kelas 5 mengaku sedih saat mengetahui sekolahnya terdampak banjir. Sudah dua kali ini sekolahnya terpaksa diliburkan akibat banjir.

 

"Sabtu lalu sama hari ini libur, sekolahnya kena banjir. Sedih," ucap Ambar.

 

Henry Indrawardana selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ponorogo mengatakan bahwa hujan deras yang melanda beberapa hari ini menyebabkan air dari Buluketro dan Purwantoro mengarah ke Ponorogo sehingga total ada 10 hingga 15 titik banjir.

 

"Terdapat 3 kecamatan yang terdampak, yakni Sukorejo, Kauman, dan Ponorogo. Walaupun beberapa sudah mulai mengalami penyurutan, tetapi di daerah Paju, Tempuran, dan Gandukepuh masih ada banjir," tutup Henry kepada wartawan, Rabu (15/2).

 

(Alifia Angel/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ponorogo Dilanda Banjir Setinggi 80 Cm, Sekolah Terpaksa Meliburkan Siswa

Trending Now

Iklan

iklan