Pembangunan SMP Negeri Menjadi Atensi Utama Bupati Sidoarjo

Senin, 30 Januari 2023 | 10:57 WIB Last Updated 2023-01-30T03:57:50Z

KabarPendidikan.id - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menargetkan setiap kecamatan di kabupaten setempat memiliki dua sekolah menengah pertama negeri (SMPN) sebagai upaya untuk pemerataan pendidikan. Ahmad Muhdlor selaku Bupati Sidoarjo, mengatakan saat ini dari 18 kecamatan hanya Kecamatan Prambon yang memiliki satu SMPN. Hal ini diungkapkannya usai peresmian SMPN 2 Tulangan. Senin (16/1).

 

"Sebelumnya dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, hanya dua kecamatan yang masih memiliki satu SMP negeri Tulangan dan Prambon. Namun, setelah pembangunan SMPN 2 Tulangan, kini hanya Kecamatan Prambon saja yang masih memiliki satu SMP negeri," ujarnya.


Ia mengatakan, pembangunan SMPN 2 Tulangan menjadi momentum awal perbaikan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo. "Prambon harus menjadi atensi utama pembangunan ke depan, SMP negerinya hanya satu, harus dituntaskan, minimal dua semua, tanahnya sudah tinggal membangunnya saja," tutur Ahmad.

 

Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan pemerataan pendidikan menjadi salah satu kunci pengentasan kemiskinan. Oleh karenanya, Pemkab Sidoarjo akan memastikan aksesbilitas pendidikan bagi masyarakat dapat merata. Pembangunan sekolah yang layak juga akan terus didorong.

 

"Kunci penanganan kemiskinan, salah satunya saya yakin adalah pendidikan. Oleh karena itu memastikan bahwa aksesbilitas pendidikan dapat merata akan terus kami dorong," tuturnya.

 

Menurutnya tugas pendidikan saat ini bukan hanya mencetak generasi yang pintar tetapi juga mencetak generasi yang memiliki karakter dan daya saing yang kuat dan hal itu penting dimiliki saat ini untuk menghadapi era digital kali ini. Oleh karenanya pendidikan karakter harus terus diberikan.

 

"Perlu dicatat bahwa orientasi pendidikan saat ini adalah menumbuhkan generasi yang memiliki daya saing demi Indonesia emas tahun 2045," ucapnya.

 

Tirto Adi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo mengatakan pembangunan SMPN 2 Tulangan dialokasikan Rp.7,2 miliar. Anggaran tersebut untuk membangun sembilan RKB (Ruang Kelas Baru) di atas lahan seluas 2,2 hektare.

 

"Anggaran tersebut untuk membangun RKB dengan rincian lima ruang kelas dan empat ruang belajar-mengajar," ujarnya.

 

Tirto mengatakan tahun ajaran 2022/2023 tahun lalu, SMPN 2 Tulangan sudah menerima siswa. Dari 170 siswa dan telah disiapkan untuk mengisi 5 kelas. Namun sementara ini pembelajarannya di semester pertama dilakukan di SMPN 1 Tulangan.

 

"Insya Allah setelah ini (SMPN 2 Tulangan) diresmikan oleh bapak Bupati, Senin lusa anak-anak SMPN 2 Tulangan bisa menempati ruang kelasnya sendiri," katanya.

DYL_RPH

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembangunan SMP Negeri Menjadi Atensi Utama Bupati Sidoarjo

Trending Now

Iklan

iklan