Dinas Pendidikan Berhak Melarang Permainan Lato-lato di Sekolah guna Cegah Kekerasan

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:49 WIB Last Updated 2023-01-25T04:49:56Z



KabarPendidikan.id - Guntur Sasono selaku Dewan Etik Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), menyebut kepala dinas pendidikan berhak melarang permainan lato-lato di sekolah. Hal itu dilakukan untuk mencegah kekerasan.

Guntur menjelaskan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan Pasal 1 Angka 9 terkait diskresi pejabat, wajib mengambil tindakan atau kebijakan melindungi kepentingan umum. Terutama, melindungi anak dan demi kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Hal ini diungkapkannya pada, Senin (16/1).


"Salah satunya dengan menerbitkan surat edaran yang mengatur batasan permainan lato-lato yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta saat mengikuti pembelajaran di sekolah," ujar Guntur.


Guntur menyebut permainan ini juga tidak ada hubungannya dengan pembelajaran. Serta, tak dimuat dalam peraturan tentang kurikulum pendidikan nasional.


"Permainan lato-lato tidak ada dalam peraturan tentang kurikulum pendidikan nasional dan permainan ini berpotensi membahayakan fisik dan menimbulkan kekerasan," tegas Guntur.  


 
Retno Listyarti selaku Dewan FSGI, mengatakan lato-lato yang dimainkan terus menerus berpotensi mencederai anak-anak lainnya.


"Berpotensi bolanya pecah atau terlempar dan melukai pemain dan anak lain disekitarnya," ujar Retno.


 
FSGI menilai kebijakan sejumlah Dinas Pendidikan di berbagai daerah melarang membawa dan memainkan lato-lato di lingkungan satuan pendidikan sudah tepat. 


"Hal ini sejalan dengan Pasal 12 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD),” papar Retno.

DYL_RPH

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Pendidikan Berhak Melarang Permainan Lato-lato di Sekolah guna Cegah Kekerasan

Trending Now

Iklan

iklan