Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Keluarga

Selasa, 06 Desember 2022 | 11:17 WIB Last Updated 2022-12-06T04:17:00Z


KabarPendidikan.id
- Pemerintah terus berupaya mempercepat internalisasi kemampuan literasi siswa, guru, maupun orang tua baik di sekolah melalui gerakan literasi sekolah maupun di keluarga melalui gerakan literasi keluarga.

 

Dalam hal ini, orang tua memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan di rumah yang aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga mereka betah berada di dalam rumah.

 

Dengan demikian, salah satu cara mewujudkan kondisi tersebut adalah dengan mengembangkan literasi keluarga melalui pengenalan buku-buku yang sesuai dengan usia dan kemampuan literasi anak-anak tersebut.

 

"Keluarga sebagai salah satu unit terkecil yang ada di masyarakat dapat menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi," ujar Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong selaku Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas.

 

Selain itu, peran orang tua dalam keluarga sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak sangat strategis dalam mendorong pengembangan kegemaran membaca terhadap anak sehingga para orang tua dapat mengajak anak-anaknya untuk membangun kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung yang merupakan bagian dari literasi keluarga.

 

"Keluarga merupakan bentuk pendidikan utama dalam membentuk pola perkembangan anak, baik dari aspek intelektual, emosional, maupun spiritual," jelasnya.

 

Oleh karena itu, pembiasaan membaca di rumah dapat meningkatkan rasa cinta gemar membaca di lingkungan keluarga, meningkatkan kemampuan memahami bacaan dan berprikir kritis, serta meningkatkan kemampuan analisis dan verbal dalam mengulas informasi yang telah didapat dari suatu bacaan.

 

"Mari kita bersama-sama memajukan Kabupaten Gunung Mas melalui masyarakat yang mengedepankan budaya literasi guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara terkhusus Kabupaten Gunung Mas sukses dan jaya selalu dalam berkarya nyata," tutupnya.


ADP/SAN

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Keluarga

Trending Now

Iklan

iklan