Dinas Pendidikan Sumsel Dorong Para Guru SMA/SMK untuk Bersertifikasi Profesi

Jumat, 16 Desember 2022 | 10:32 WIB Last Updated 2022-12-16T03:32:38Z


KabarPendidikan.id
- Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mendorong semua guru SMA dan SMK agar dapat memiliki sertifikasi profesi untuk meningkatkan kualitas mengajar para guru serta lulusan sekolah tersebut.

 

"Guru yang hingga kini belum memiliki sertifikasi profesi terus didorong untuj mengikuti uji tulis nasional atau uji kompetensi guna mendapatkan sertifikasi tersebut," ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi di Palembang, Kamis.

 

Ia mengatakan bahwa guru SMA dan SMK yang telah memiliki sertifikasi profesi di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu terbilang cukup banyak.

 

"Hingga kini, sekitar 10 ribu lebih guru sekolah negeri dan swasta atau mencapai 80 persen guru sudah bersertifikat, sementara itu sekitar 20 persennya belum belum  bersertifikat sehingga diharapkan satu atau dua tahun ke depan semuanya sudah memiliki sertifikasi," ujar Riza Fahlevi.

 

Dalam hal ini, sertifikasi guru dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) sesuai dengan amanah PP 74.2009 Juncto PP 19/2017 tentang guru.

 

Oleh karena itu, guru harus mengikuti ujian tertulis nasional atau uji kompetensi guna mendapatkan sertifikasi profesi.

 

Dalam proses tersebut, jumlah jam mengajar dan masa kerja guru yang bersangkutan menjadi salah satu penilaian kelulusan.

 

Dengan demikian, setelah dinyatakan lulus maka negara memberi keistimewaan kepada para guru yang telah memiliki sertifikasi profesi berupa uang tunjangan tambahan di luar gaji pokok.

 

Uang tunjangan guru bersertifikat profesi tersebut jumlahnya berkisar Rp 2-3 juta per triwulan yang bertujuan agar murid mendapatkan pembelajaran yang berkualitas.

 

"Saya berharap kepada guru yang sudah bersertifikat profesi maupun yang belum agar terus meningkatkan kualitas pembelajarannya guna mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumsel yang berdaya saing kuat," harap Riza Fahlevi.


ADP/SAN

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Pendidikan Sumsel Dorong Para Guru SMA/SMK untuk Bersertifikasi Profesi

Trending Now

Iklan

iklan