Sukseskan Muktamar, Dosen FAI Uhamka Turut Hadiri Pameran Perdamaian di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Senin, 14 November 2022 | 08:12 WIB Last Updated 2022-11-15T02:16:53Z


KabarPendidikan.id
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) ikut serta dalam rangka kegiatan Muktamar dan pameran perdamaian yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam hal ini, pihak Uhamka yang turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ai Fatimah Nur Fuad selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka bersama dengan Prof Syafiq Mughni selaku pimpinan dan delegasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Ketua PP Muhammadiyah. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perhelatan akbar tahunan 9th Assembly of the Abu Dhabi Forum for Peace yang berlangsung pada tanggal 8-10 November 2022 di hotel Ritz Carlton Abu Dhabi.

 

Forum perdamaian ini diselenggarakan oleh lembaga bernama The Abu Dhabi Peace Forum for Muslim Societies, yang diketuai oleh Shaykh Abdallah. Kegiatan yang diselenggarakan pada tahun ini tersebut mengusung tema Globalized Conflict and Universal Peace: Urgent Needs and Opportunities for Partnerships (Konflik yang Mengglobal dan Perdamaian Universal: Kebutuhan Mendesak dan Peluang untuk Kemitraan). Dengan demikian, delegasi MUI yang terdiri dari Prof Amany Lubis selaku Ketua Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga-MUI sekaligus Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ai Fatimah Nur Fuad selaku Anggota Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional-MUI sekaligus dosen Uhamka Jakarta, serta Andy Hadiyanto selaku Sekretaris Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional-MUI sekaligus Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) turut diundang dalam kapasitas MUI sebagai perwakilan dari puluhan organisasi Islam di Indonesia yang telah berkiprah dalam berbagai upaya menciptakan perdamaian baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Selain itu MUI juga terlibat dalam forum pameran perdamaian yang mempunyai beberapa tujuan. Diantaranya, memberikan informasi tentang profil MUI, memamerkan buku-buku terbitan MUI dan foto-foto tentang kegiatan MUI dalam melaksanakan kegiatan terkait upaya damai dan moderasi beragama di Indonesia dan di luar negeri dan juga terdapat pemutaran film dokumentasi (video) produksi TV MUI.

 

Ketua PP Muhammadiyah Prof Syafiq Mughni diundang sebagai pimpinan organisasi Islam modernis tertua dan terbesar di Indonesia yang sudah terlibat nyata mewujudkan toleransi, moderasi dan perdamaian dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

 

Dengan ini MUI dan PP Muhammadiyah diharapkan dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam memberikan usulan mengenai tantangan, konflik dan krisis global yang terjadi saat ini dan untuk menjawab tuntutan kolektif masyarakat internasional bagi peningkatan keberlanjutannya perdamaian. Indonesia sebagai negara multikultural dengan mayoritas Islam dinilai sudah mampu mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai, harmonis, dan toleran dibawah naungan kebangsaan, kemanusiaan dan keagamaan yang saling melekat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukseskan Muktamar, Dosen FAI Uhamka Turut Hadiri Pameran Perdamaian di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Trending Now

Iklan

iklan