INDONESIA RAYA: Esai-Esai Agama dan Politik Kebangsaan oleh Sudarnoto Abdul Hakim

Rabu, 09 November 2022 | 17:29 WIB Last Updated 2022-11-09T10:32:37Z

Buku berjudul INDONESIA RAYA: Esai-Esai Agama dan Politik Kebangsaan yang dituliskan oleh Sudarnoto Abdul Hakim dengan penerbit Suara Muhammadiyah tidak lama lagi akan segera dicetak untuk menghiasi literasi bangsa Indonesia dengan topik utama di dalamnya yaitu masalah agama dan politik kebangsaan.


Sudarnoto Abdul Hakim sendiri merupakan kelahiran 3 Februari 1959 dengan jenjang pendidikan formal SD Muhammadiyah Temanggun, SMP Pesantren Persis, SLTA, Pesantren Persis Bangil, S1 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, S2 McGill University Canada, dan S3 UIN Jakarta. Ia merupakan Badan Pembina Harian UHAMKA, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, serta Ketua Majelis Ulama Indonesia 2020-2025.


Sudarnoto menghadirkan buku ini sebagai upaya memaparkan  pandangan reflektifnya tentang Indonesia yang dikategorikan menjadi dua topik utama yaitu masalah agama dan politik kebangsaan. Di dalam buku ini pula terdapat dua poin penting yang disampaikan oleh penulis.


Pertama,  bahwa Indonesia adalah bangsa religius, dimana masyarakat di dalamnya menganut dan meyakini agama meskipun berbeda kepenganutan keagamaannya. Kedua, upaya melihat secara jernih pentingnya posisi agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Dalam hal ini, pengalaman persentuhan agama-kebangsaan sudah panjang dan ini dapat menjadi modal atau sumber kekuatan penting Indonesia sebagai sebuah negara bangsa. Dengan demikian, pengalaman ini tentu unik karena berciri khas Indonesia yang berbeda secara diametral misalnya dengan negara-negara muslim lainnya seperti Saudi Arabia, Malaysia, Iran dan sebagainya sehingga tentu berbeda dengan negara-negara sekuler lainnya.

 

Buku INDONESIA RAYA: Esay-Esay Agama dan Politik Kebangsaan merupakan jenis buku non-fiksi dengan kumpulan artikel penulis di beberapa seminar dan yang telah terbit di berbagai media massa cetak dan online dengan rentang waktu 2015-2020.


Seluruh artikel itu kemudian dikelompokkan ke dalam empat tema umum yaitu Basis Keagamaan Negara Bangsa, Muhasabah Kebangsaan, Musibah Kebangsaan, dan Indonesia Negara Pancasila. Sehingga, isi buku kebanyakan berasal dari riset dan fakta yang terdapat di lapangan saat itu.


Melalui buku ini, penulis mengajak kita untuk berfikir kritis mengenai makna Indonesia Raya dalam kehidupan ini. Dengan keadaan Indonesia saat ini, buku ini hadir untuk menyadarkan rakyat Indonesia untuk memperjuangkan implementasi dari Bhineka Tunggal Ika untuk menciptakan Indonesia yang adil dan sejahtera.


Maka tidak heran buku ini berisi tentang relasi eksistensi agama sebagai alat pemersatu bangsa untuk memperkokoh kebangsaan ini. Penulis tidak serta merta melupakan pentingnya unsur-unsur pemersatu bangsa ini.


Buku ini juga mendukung masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya akan urgensi Indonesia yang dihadapi, agar harapan pejuang-pejuang terdahulu untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka bukan hanya terlihat dari luar saja, tapi juga tertanam pada diri masing-masing rakyatnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • INDONESIA RAYA: Esai-Esai Agama dan Politik Kebangsaan oleh Sudarnoto Abdul Hakim

Trending Now

Iklan

iklan