Kesehatan Mental (Mental Health)

Minggu, 02 Oktober 2022 | 09:06 WIB Last Updated 2022-10-02T02:06:00Z

 


Oleh : Siti Wanda Azizah

Mahasiswa FEB UHAMKA


Seseorang yang sehat secara mental akan berperilaku normal dalam menjalani kehidupan khususnya saat berusaha menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan dihadapi sepanjang hidupnya dengan kemampuan pengolahan stres.

Di daerah-daerah Indonesia, masih ada cara yang tidak tepat untuk menangani orang dengan gangguan kesehatan mental. penderita dianggap sebagai makhluk aneh yang dapat mengancam keselamatan seseorang, karena itu terkadang penderita diasingkan dari masyarakat. Hal ini sangat mengecewakan karena dapat mengurangi peluang penderita untuk sembuh. Oleh karena itu, pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat sangat penting untuk kesehatan jiwa agar


 

dapat menghilangkan stigma di masyarakat dan memungkinkan penderita untuk mendapatkan pengobatan yang benar.

Gangguan kesehatan mental disebabkan beberapa faktor, diantaranya faktor psikir kepribadiannya dan faktor lingkungan. Sebagai manusia kadang kita menyepelekan hal-hal kecil seperti amarah yang dipendam, sakit hati yang berkelanjutan, trauma masa kecil, dan sebagainya, padahal dari hal kecil seperti itu yang dapat memicu gangguan kesehatan mental lebih buruk lagi.

Ciri seseorang mempunyai mental yang sehat seperti; puas dengan kehidupannya sehari-hari, mampu mengendalikan amarah, mempunyai tujuan hidup yang realistis, dan hal lain yang menjurus ke arah positif. Sedangkan ciri seseorang yang mempunyai gangguan mental akan menjurus ke arah yang lebih negatif seperti; stress yang berkelanjutan, tidak tahu tujuan yang jelas dalam hidupnya, merasa gelisah dan serba salah, cenderung menyakiti diri sendiri, dan lain-lain.

Hal wajar jika kita mengalami sakit hati, senang, marah, sedih, semuanya adalah kondisi normal kita sebagai manusia. Namun, kita juga tetap harus mengendalikan diri agar tetap menjadi manusia normal. Kalau emosi, tidak ada salahnya kita meluapkan emosi itu tapi dengan hal-hal positif, jangan sampai nantinya kita malah melukai diri sendiri atau oranglain. Dalam hidup pasti ada fase naik turunnya dan itu wajar, tidak apa jika kita stress dan merenung sebentar, setelah itu mari bangkit lagi, menjalani hidup seperti biasanya. Walaupun kadang orang sekitar menganggap kita terlalu berlebihan dalam menghadapi stress atau menyangkut pautkan dengan kurang ibadah. Tidak apa dan jangan terlalu di fikirkan.


 

.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kesehatan Mental (Mental Health)

Trending Now

Iklan

iklan