Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Selasa, 12 April 2022 | 13:19 WIB Last Updated 2022-04-12T06:19:00Z

 




Oleh : Maharani Widya Putri

Mahasiswa Uhamka


Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang menjadi kunci dari kemajuan suatu bangsa. Seluruh orang pasti telah menyadari jika pendidikan yang berkualitas mampu meningkatkan peluang untuk membuat bangsa ini sejajar dengan berbagai negara maju. Namun dalam kenyataannya kualitas pendidikan yang ada di negara ini belum begitu bagus daripada negara lain.

Lembaga pendidikan telah mengusahakan beragam cara guna mencetak lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi adanya perubahan serta tantangan yang kian sulit. Tetapi keberhasilannya juga dipengaruhi oleh beberapa keadaan lain. Guna meraih pada meningkatkan mutu pendidikan, butuh diadakan upaya yang bersungguh – sungguh. Serta mencari solusi permasalahan yang nantinya mungkin akan dihadapi.

Usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan juga sangat penting guna menjawab berbagai tantangan globalisasi, kemajuan IPTEK, serta pergerakan masif dari tenaga ahli. Lembaga pendidikan juga telah dituntut untuk dapa menciptakan orang – orang terdidik dengan kualitas mumpuni sebab sengitnya persaingan antar bangsa. Sehingga mempunyai keahlian di dalam kompetensi profesional dan siap untuk menghadapi kompetisi global.

Pada era teknologi sekarang ini, guru bukan menjadi satu – satunya sumber informasi serta ilmu pengetahuan. Peran guru sudah tergeser dengan adanya fasilitator, motivator, dan dinamisator. Keberadaan teknologi internet juga turut membuat banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran.

Dalam keadaan yang seperti ini, peran guru yang merupakan pendidik terasa sangat besar serta tidak tergantikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan peran secara lebih efektif, sehingga dibutuhkan peningkatan langkah serta upaya yang jelas dan tepat sasaran. Beberapa usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan juga menjadi tantangan besar untuk pemerintah yang harus segera diselesaikan.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan