Self Love dalam Islam

Rabu, 13 April 2022 | 10:08 WIB Last Updated 2022-04-13T03:08:00Z

 





Oleh : Nur Zakhya Nabilla

Mahasiswa Uhamka



Self love artinya adalah mencintai diri sendiri. Terkadang ketika kita mencintai orang lain tetapi sulit sekali untuk mencintai dirinya sendiri. Self love juga merupakan menghargai atau menerima diri kita sendiri oleh karena itu terkadang masih  banyak orang yang belum sepenuhnya mencintai atau menerima dirinya sendiri. Terkadang kita hanya fokus untuk mencintai orang lain tetapi lupa untuk mencintai diri kita sendiri. Lalu bagaimana mencintai orang lain sedangkan kita saja belum bisa untuk mencintai diri sendiri. Oleh karena itu sebelum kita mencintai orang lain cintailah diri kita sendiri agar kita bisa menerima dan bersyukur terhdap apa diri kita telah lakukan. Terkadang ketika kita belum bisa menerima, bersyukur atau mencintai diri kita sendiri terkadang kita tidak percaya diri atau biasa disebut insecure terhadap diri kita. Dari rasa tidak percaya diri dan tidak bisa menerima diri kita sendiri inilah yang dinamakan tidak bersyukur atau tidak mencintai diri kita. Terkadang kita sendiri tidak menghargai diri kita telah apa yang dilakukan selama ini. Oleh karena itu akan menimbulkan sikap benci, merasa hidup ini tidak adil dan tidak berguna dan menyalahkan diri kita. Hal tersebut sangat tidak dibenarkan sekali termasuk di dalam islam.

Lalu bagaimana pandangan self love atau mencintai diri sendiri dalam islam? 

Dalam islam self love merupakan bentuk rasa bersyukur dan menerima kepada Allah SWT atas setiap yang ada di dalam diri kita yang telah diberikan secara sempurna. Namun perlu dipahami kembali bahwa self love bukan ajang untuk membanggakan diri secara berlebihan dan sampai merendahkan orang lain tetapi sebagai bentuk kesadaran kita bahwa mencintai diri sendiri harus berdasarkan pada Allah SWT dan rasul-Nya sebagai bentuk cinta sejati kita pada yang maha kuasa. Diibaratkan bahwa dengan kita mencitai diri kita sendiri bersyukur terhadap Allah SWT dan menerima diri kita baik kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam diri kita, hal tersebut akan menjadikan fondasi dalam membentuk harga diri kita dan menjadi pribadi yang positif dalam penerimaan diri sendiri yang menjadi kunci kehidupan yang bahagia. Karena dengan kita bersykur terhadap apa yang telah Allah berikan dalam diri kita dan menghargainya akan menjadikan hidup kita lebih bermakna.

Oleh karena itu kita harus menerima, bersyukur dan mencintai diri kita sendiri. Janganlah menyalahkan diri sendiri justru bukan diri kita yang salah. Dan jangan lupa untuk selalu berterima kasih kepada diri sendiri dan kepada Allah SWT. Karena apapun kekurangan maupun kelebihan  yang ada di dalam tubuh kita sudah diberikan kepada Allah SWT dengan sebaik mungkin. Karena jika kita tidak menerima dan bersyukur terhadap diri kita sendiri itu sama saja seperti kita tidak bersyukur kepada Allah SWT sebagai maha yang menciptakan diri kita ini.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Self Love dalam Islam

Trending Now

Iklan

iklan