Kecanduan Kafein, Berbahayakah?

Senin, 11 April 2022 | 09:07 WIB Last Updated 2022-04-11T02:07:00Z

 



Oleh : Fazrul Rahman Al Maliki 

Mahasiswa Uhamka 


Kafein biasanya terkandung dalam kopi atau teh, kafein sering diandalkan oleh orang yang ingin menyelesaikan pekerjaan tanpa tidur, terlalu banyak mengonsumsi kafein akan memberi dampak buruk bagi Kesehatan, bila seorang pecandu kafein tiba-tiba berhenti atau jarang mengonsumsinya lagi itu akan memberikan efek seperti pusing kepala,Lelah,gelisah,flu,mual,dan sulit berkonsentrasi.

Biasanya kebanyakan orang mengonsumsi kafein agar bisa fokus beraktivitas di siang hari, Tetapi efek kafein yang berlebihan bisa bertahan hingga malam hari dan akan menyebabkan seseorang sulit tidur, hal ini akan menjadi boomerang bagi kita jika terjaga sampai pagi hari , jika itu terjadi maka akan mengganggu aktivitas, kekurangan tidur juga akan membuat diri kita rentan terkena penyakit.

Walaupun kafein mempunyai kandungan antioksidian, mengonsumsi kafein terlalu banyak akan menimbulkan kerutan pada wajah dan itu membuat wajah menjadi lesu dan tidak kelihatan segar, selain itu juga akan membuat tubuh terlalu banyak mengeluarkan cairan dan akan menyebabkan dehidrasi yang juga berbahaya.

Beberapa berikut ini adalah dampak kelebihan kafein, yaitu (1) Menyebabkan Asam Lambung, (2) Akan Rentan Terkena Penyakit Jantung, (3) Membuat Wajah lesu Dan Tidak Fresh, (4) Bisa Menyebabkan Penyakit Diabetes, (5) Bertambahnya Risiko Keguguran Bagi Ibu Hamil, dan (6) Menyebabkan Sulit Tidur.

Oleh karena itu , boleh saja meminum minuman yang mengandung kafein,tetapi alangkah lebih baiknya tidak berlebihan mengonsumsi kafein, karena yang dirugikan juga diri sendiri bukan orang lain. Dan bila sedang mengurangi jumlah kafein disarankan agar bisa mengatur waktu tidur dengan teratur,dengan begitu masalahnya akan teratasi.
























Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kecanduan Kafein, Berbahayakah?

Trending Now

Iklan

iklan