Manajemen dalam Suatu Perusahaan

Kamis, 03 Maret 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-03-03T03:07:00Z

  

 



Oleh : Pipin Nurapiyah

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Manajemen merupakan salah satu ilmu dalam pendidikan ekonomi, manajemen sendiri mempelajari materi tentang bagaimana mengatur atau mengelola sesuatu untuk mencapai tujuan atau target sesuatu yang sudah direncanakan sebelumnya dalam suatu organisasi. Manajemen dalam hal ilmu dan dibutuhkan seseorang untuk mempelajari ilmu ini sehingga mempunyai kemampuan dalam kepemimpinan, tanggung jawab, dalam mengarahkan sekelompok orang untuk mencapai perencanaan juga mengawasi bagaimana mengerjakannya sehingga mencapai suatu tujuan organisasi. Karena segala sesuatu hal nya tentu membutuhkan suatu pengelolaan yang baik dan benar. Seperti suatu perusahaan atau bisnis membutuhkan seseorang manajer untuk memimpin dan bertanggung jawab dalam mengontrol dengan benar dan baik dan mengatur para pekerja agar segala yang dikerjakan bisa mencapai tujuan bersama perusahaan.

Dalam suatu perusahaan jika tidak ada terbentuk nya suatu manajemen, maka tujuan yang ingin dicapai tidak akan teratur dan tidak terarah. Disini lah peran penting sebuah manajemen yaitu juga mencakup semua hal aspek dunia pekerjaan, bahkan sumber daya manusia nya. Manajemen akan dikatakan baik dan terarah jika pengelolaan nya dan pemahaman nya sesuai aturan, maka dari itu manajer sangat dibutuhkan dalam hal keterampilan untuk memimpin dan mengarahkan para pekerja lainnya, dalam hal ini pula fungsi manajemen yaitu mengendalikan segala permasalahan yang sering terjadi dalam suatu capaian atau tujuan.

Jika suatu perusahaan telah mencapai tujuan-tujuan kecil atau planning yang telah dibuat, maka tujuan yang besar bisa dengan mudah dicapai, contohnya adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih. Karena, hasil dari manajemen yang baik ini pasti akan berbanding lurus dengan pendapatan atau keuntungan yang dicapai. Jika perusahaan memiliki keuntungan dari penjualan yang besar, maka hal ini akan berbanding lurus juga dengan kesejahteraan karyawannya. Bisa dikatakan bahwa, jika manajemen dalam suatu perusahaan sudah berjalan dengan baik, maka tidak hanya menguntungkan perusahaan tersebut, namun juga orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan tersebut.

Manajemen dalam suatu perusahaan juga memiliki tujuan untuk mengefisiensi pekerjaan didalamnya. Dalam hal ini, yang bertindak adalah manajemen waktu. Perusahaan pasti mengharapkan karyawannya bisa bekerja dengan waktu yang maksimal, dan tidak menyia-nyiakan waktu. Dengan manajemen waktu yang baik, perusahaan dan karyawan mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Manajemen menjadi hal yang krusial bagi sebuah perusahaan agar bisa mencapai tujuan yang dikehendaki. Manajemen perusahaan memiliki andil serta peran besar dalam mengarahkan setiap anggota dalam menjalankan misinya untuk mencapai visi perusahaan. Dengan demikian, tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang memiliki peluang besar untuk berhasil tercapai

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manajemen dalam Suatu Perusahaan

Trending Now

Iklan

iklan