Hidup Cerdas dan Sehat Tanpa Narkoba

Minggu, 27 Maret 2022 | 10:09 WIB Last Updated 2022-03-27T03:09:00Z

 





Nuraziz Febrianto

Mahasiswa Uhamka


Narkoba telah merajalela di Indonesia. Sejumlah kalangan masyarakat positif menggunakan Narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi narkoba juga telah merasuki para penegak hukum dan aparat pemerintahan di negeri ini. 

Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram itu meningkat hingga dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Kebanyakan dari korban-korban tersebut adalah remaja. Menanggapi fenomena ini pemerintah telah menetapkan negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba.

Narkoba bisa menghancurkan masa depan anak muda. Pemuda yang semestinya menjadi calon-calon penerus bangsa akan hancur masa depannya jika masuk ke dalam lingkaran narkoba. Jangankan menjadi masa depan bangsa, masa depan mereka sendiri pun akan rusak akibat dari barang haram ini. Bahaya narkoba bukan sekedar karena dapat merusak jiwa raga, menimbulkan ketergantungan dan mematikan, tetapi juga merusak kelangsungan hidup anak bangsa. Itu sebabnya penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelapnya sangat dilarang dan ada ancaman pidana bagi yang melakukannya. Sangat disayangkan kalau tetap saja ada yang menyalahgunakan narkoba. Bahkan banyak pula yang malah memanfaatkannya untuk mendapatkan uang. Hal ini dikarenakan narkoba akan menciptakan generasi- generasi yang ketergantungan pada barang tersebut,yaitu generasi yang tidak bisa lepas dari narkoba. Selain daripada itu narkoba bisa mematikan kreativitas anak bangsa. 

 

Anak muda semestinya memiliki daya kreativitas yang tinggi. Di masa-masa inilah mereka bisa menemukan pemikiran-pemikiran baru, menemukan inovasi dan berprestasi. Namun, apa yang terjadi ketika mereka masuk ke dalam jurang narkoba ? Mereka akan kehilangan itu semua. Narkoba ini perlahan-lahan akan mematikan sel-sel otak mereka sehingga lama kelamaan otak mereka tidak mampu lagi berkreasi dan yang ada di dalamnya hanyalah narkoba. Jika otak mereka sudah terkontaminasi oleh narkoba, maka tidak ada lagi kreativitas yang tersisa. Terlepas dari itu dampak yang ditimbulkan dari narkoba yaitu menciptakan generasi kriminal. Para remaja yang sudah terjerat ke dalam lingkaran setan ini akan terus-menerus dipaksa untuk memenuhi keinginan mereka terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan barang haram itu, termasuk dengan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum, seperti mencuri, merampok, menipu dan membunuh dengan keji. Semua yang dilakukan itu tidak lain dan tidak bukan karena narkoba yang telah merusak otak dan jiwa mereka.

Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.Oleh karena itu semua harus diingatkan untuk dapat hidup lebih baik,kemampuan menyadari dan mengajak diri sendiri maupun yang lain untuk menyadari tentang adanya ancaman bahaya narkoba,mewujudkan hidup dan kehidupan yang sehat melalui pola hidup bersih, sehat, produktif dan tanpa narkoba bila ingin bahagia. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hidup Cerdas dan Sehat Tanpa Narkoba

Trending Now

Iklan

iklan