Investasi Kebugaran Diri

Rabu, 09 Februari 2022 | 10:05 WIB Last Updated 2022-02-09T03:05:00Z


Oleh: Madila Age Aulia Ningtias

Mahasiswa FIKES Uhamka

Di era modern saat ini, rasanya sudah jarang sekali individu dapat berolahraga. Berbagai kesibukan yang menyita waktu sehari-hari membuat manusia lupa untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga. Padahal berolahraga mempunyai segudang manfaat yang sangat penting.

Fakta membuktikan orang yang sering berolahraga tidak mudah terkena depresi, dibanding dengan orang yang jarang berolahraga. Selain itu sering berolahraga dapat memanjangkan umur seseorang, karena ketika kita sering berolahraga penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

Selain karena tidak memiliki waktu, penyebab malas berolahraga tentunya karena sarana dan prasarana untuk berolahraga yang sudah jarang ditemukan. Padahal kita tetap bisa melakukan olahraga di dalam ruangan, seperti push up, sit up, squat jump, wall squat, luggage rows, dan gerakan lainnya.

Olahraga tidak bisa sembarangan dilakukan, melainkan harus benar-benar mengetahui dampak dari gerakan yang kita lakukan dan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum berolahraga. Ada baiknya sebelum berolahraga kita tidak makan-makanan berat, pola makan yang baik adalah 4 jam sebelum berolahraga.

Untuk porsi makan disarankan untuk makan secukupnya saja tidak berlebihan. Sedangkan untuk makan makanan ringan disarankan untuk dimakan 3 jam sebelum berolahraga. Mengonsumsi buah sebelum berolahraga sangat dianjurkan, karena tubuh membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam buah.


Tidak lupa mengonsumsi air putih karena tubuh membutuhkan mineral, jangan sampai terjadi dehidrasi. Saat akan memulai olahraga pastikan tubuh dalam kondisi fit. Tidak lupa juga melakukan pemanasan, agar tidak terjadi cidera saat berolahraga. Akibat tidak melakukan pemanasan ada bermacam-macam yaitu keseleo, kaki terkilir, keram otot, dan lain-lain. Sebelum berolahraga dianjurkan untuk melakukan pemanasan selama 15 menit, mulailah dari merenggangkan otot leher, bahu, tangan, pinggul, hingga kaki.

Lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh. Umumnya tubuh mampu berolahraga 1-2 jam, jangan terlalu memporsir tubuh karena nantinya akan berdampak buruk bagi tubuh. Dan yang paling penting lakukan olahraga walaupun ringan tetapi dilakukan secara rutin.

Olahraga sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh, terutama merangsang pertumbuhan tubuh ideal. Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, maka kalori didalam tubuh akan terbakar. Kalori ini akan diproses menjadi energi tanpa menyisakan lemak pada tubuh sehingga tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

Selain itu guna olahraga bagi tubuh adalah meningkatkan daya pikir, karena otak mendapatkan suplai gizi yang cukup. Olahraga juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita tau penyakit jantung adalah penyakit yang paling mematikan didunia, terdapat penelitian yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang mendeteksi perbedaan yang berolahraga dan yang menggunakan obat dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Di kota-kota besar, stres sudah sangat umum terjadi. Oleh karena itu berolahraga dapat membuat otak rileks, dan mengurangi resiko stres. Dalam penelitian orang yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang jarang berolahraga. Secara teori, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Otak akan melepas hormon endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu olahraga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Tentunya yang paling penting olahraga dapat meningkatkan energi yang kita punya serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak lupa olahraga dapat memperpanjang umur manusia, berolahraga hanya 10 menit sehari atau 75 menit perminggu dapat memberikan tambahan umur sebanyak 1,8 tahun.

Beberapa tips dapat kita lakukan jika merasa sulit melakukan olahraga, seperti memulai olahraga ringan dari pukul 6 pagi. Karena pada saat ini udara sedang segar dan sangat baik untuk paru-paru. Selain itu matahari pagi juga bagus untuk kesehatan tubuh. Saat merasa memiliki waktu luang, lakukan olahraga ringan setidaknya selama 30 menit. Jika tidak sempat untuk melakukan gerakan olahraga, sempatkan waktu untuk berjalan sebanyak-banyaknya. Ketika sedang bekerja, dapat dilakukan berbagai gerakan peregangan sederhana.

Seperti merentangkan tangan ke atas kepala dan mengarahkan ke kiri selama 10 detik kemudian ke kanan dengan durasi yang sama. Untuk meredakan ketegangan leher dapat dilakukan anggukan kepala keatas dan kebawah secara bergantian, kemudian memutar kepala. Sedangkan untuk meredakan ketegangan punggung dapat dilakukan gerakan sederhana seperti memeluk diri sendiri , dan menempatkan tangan kiri di pundak kanan, dan tangan kanan di pundak kiri. Tahan posisi selama 10-15 detik, lalu lepaskan perlahan.

Saat ini berbagai jenis olahraga dapat kita pilih, seperti yoga, pilates, boxing, taebo, micro gym, zumba, dan lain-lain. Yoga berguna untuk membakar lemak menyeluruh dan membuat tubuh menjadi indah. Kunci ketika melakukan yoga adalah melakukan pernapasan dengan benar, mengambil napas dalam-dalam dan panjang dapat meningkatkan konsentrasi saat melakukan yoga. Selain itu ada pilates, salah satu jenis olahraga yang tidak terlalu banyak gerak tapi dapat membakar banyak kalori. Pilates melatih beberapa otot tubuh secara bersamaan dengan lembut dan berulang, sehingga dapat melatih tubuh untuk bergerak dengan pola yang benar.

Tujuan dari olahraga ini adalah meningkatkan kekuatan fungsional tubuh, yaitu kekuatan yang sehari-hari kita gunakan. Jenis olahraga lain yaitu micro gym, hanya kurang dari 30 menit akan mendapatkan hasil seperti 2 jam berolahraga. Olahraga ini populer dikalangan orang-orang yang tidak mempunyai waktu banyak tetapi tetap ingin melakukan olahraga.

Zumba sangat populer pada masa sekarang ini, olahraga ini seperti latihan dance dengan musik yang enerjik, badan akan mengikuti irama dengan sendirinya. Dalam satu sesi zumba biasanya akan terbakar 1.000 kalori. Nah jadi tidak diragukan lagi bukan jika olahraga merupakan investasi bagi diri sendiri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Investasi Kebugaran Diri

Trending Now

Iklan

iklan