Hidup Sehat Fisik dan Mental

Selasa, 08 Februari 2022 | 09:45 WIB Last Updated 2022-02-08T02:45:00Z

 

Oleh : Dewi Pramesty Kusumaningsih

Mahasiswa FIKES Uhamka

Di masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, kesehatan penting untuk dijaga. Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih sehat fisik dan dan mental di 2021. Cara-cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Hanya diperlukan tekad dan konsistensi yang kuat untuk mengubah gaya hidup sehat dan menahan diri dari godaan yang merusak tubuh. Berikut cara hidup lebih sehat fisik dan mental :

1. Cek kesehatan

Cara hidup lebih sehat fisik dan mental  adalah dengan cek kesehatan. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Anda bisa melakukan screening penyakit tertentu seperti kanker, tekanan darah, gula darah dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau medical check up. Selain kesehatan fisik, periksa juga kesehatan mental Anda. Cek kesehatan penting untuk mengetahui kondisi tubuh. Semakin dini, semakin baik pencegahan, pengobatan, dan penyembuhan yang didapat.

2. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral, serta antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, dikutip dari SCMP, studi dari Edith Cowan University juga menunjukkan makan buah dan sayur setidaknya 470 gram setiap hari dapat menurunkan tingkat stres.

3. Olahraga teratur

Lakukan pula olahraga teratur. Setiap orang dewasa direkomendasikan olahraga ringan-sedang 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Pilih olahraga yang disukai agar aktivitas membakar kalori ini semakin menyenangkan. Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengurangi stres.

4. Tidur teratur

Tidur teratur pada waktu yang sama setiap malam dapat mencegah berbagai penyakit. Tidur meningkatkan fungsi tubuh dan menjaga organ-organ tetap sehat.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hidup Sehat Fisik dan Mental

Trending Now

Iklan

iklan