Dosen FK Uhamka Gelar Bimbingan Belajar untuk Para Santri

Jumat, 18 Februari 2022 | 11:32 WIB Last Updated 2022-03-08T04:33:08Z

 


Kabarpendidikan.id
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bekerja sama dengan LPPM Uhamka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Bimbingan belajar untuk para santri dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Bimbingan belajar dilaksanakan selama kurang lebih enam minggu dengan total pertemuan sebanyak 10 kali pertemuan, dimulai pada Sabtu (8/1).


Kegiatan ini dilakukan secara offline bertempat di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam, dihadiri oleh para santriwan dan santriwati serta beberapa pengurus pondok pesantren.


Acara ini diketuai oleh Shinta Dewi Permata Sari serta menggandeng dua dosen lainnya, yaitu Rizkyana Avissa dan dr. Wawang S Sukarya, serta dibantu oleh tiga mahasiswa FK Uhamka, yaitu Yustian Wahyu Prasetyo, Fery Ardiansyah, dan Brithania Zelvira Susilo. Narasumber pada kegiatan ini, yaitu Rizkyana Avissa dan Shinta Dewi Permata Sari. 


Materi yang dipaparkan yaitu pentingnya mengetahui tipe gaya belajar serta menjelaskan rangkaian kegiatan bimbingan belajar yang akan dilaksanakan. Kegiatan bimbingan belajar meliputi materi pelajaran IPA, diantaranya kimia, fisika, biologi, dan matematika. 


Shinta menyampaikan bahwa dalam kegiatan bimbingan belajar ini akan dilakukannya tryout untuk mengetahui bagaimana pengetahuan peserta.


“Pada pertemuan pertama dan ke-10 akan dilakukan tryout guna mengevaluasi hasil belajar sebelum dan setelah dilakukan kegiatan bimbingan” tutur Shinta.


Selain itu, rekan dosen FK UHAMKA lainnya, yaitu Rizkyana Avissa menyampaikan bahwa dengan mengetahui tipe gaya belajar peserta, maka akan lebih mudah untuk menggunakan metode pembelajaran agar peserta dapat memahami materi.


“Terdapat beberapa tipe gaya belajar, yaitu tipe auditori, visual, dan kinestetik. Dengan mengetahui tipe gaya belajar maka akan lebih mudah menemukan cara belajar yang tepat guna memahami materi yang diberikan," ujar Rizkyana.


Pada akhir pemaparan, kami memberikan kuisoner tipe gaya belajar, kuisioner peminatan, dan juga tryout awal untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para santri terhadap materi IPA yang telah diberikan oleh para gurunya.


(ADP)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FK Uhamka Gelar Bimbingan Belajar untuk Para Santri

Trending Now

Iklan

iklan