Kiat Dukung Literasi Zakat, Uhamka Raih Penghargaan BAZNAS AWARD 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 14:09 WIB Last Updated 2022-01-17T07:09:56Z


Kabarpendidikan.id Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) sebagai Perguruan Tinggi Islami terbaik di Indonesia mendapatkan Penganugrahan BAZNAS AWARD 2022 dalam kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat karena aktif menyelenggarakan kegiatan yang mendukung literasi zakat serta berkolaborasi dalam menghasilkan penelitian terkait zakat di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring dengan bertempat di Golden Ballroom, The Sultan Hotel & Residence pada Senin (17/1).

 

Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) yang terselenggara di setiap tahun dalam rangka HUT BAZNAS Ke-21, dengan mengusung tema Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Ummat. Adapun standar penilaian dalam memberikan award tersebut menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka saat dihubungi awak media menyampaikan, Uhamka memiliki visi mengusung propethic teaching university tahun 2024 dan Sudah seharusnya terlibat dalam pengembangan nilai-nilai kerasullan salah satunya adalah literasi dalam zakat.

 

"Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada semua pihak dilingkungan Uhamka,  dosen yang telah meningkatkan penelitian dan pengabdiannya diantaranya tentang literasi zakat. Maka kami (Uhamka) diberikan kesempatan untuk mendapatkan Penganugrahan BAZNAS AWARD 2022 Kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat. Uhamka memiliki 3 nilai utama salah satunnya adalah Compassion (kepedulian), Uhamka dibangun dengan semangat kepedulian, baik itu dosen, karyawan dan mahasiswa harus memiliki jiwa untuk selalu peduli.   tutur Gunawan.

 

Sebagai Perguruan Tinggi Islami terbaik di Indonesia yang dimiliki oleh Muhammadiyah, Uhamka tidak hanya memberikan literasi tapi juga melakukan praktik langsung melalui lembaga-lembaga yang dimiliki.

 

Melalui lazismu Uhamka melakukan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah yang sudah mencapai milyaran rupiah. Kemudian melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan(LPP AIK) memiliki program khusus terintegrasi dengan pengajaran, setiap tahunnya ribuan mahasiswa menjalankan program khusus untuk membantu para duafa yang ada di Jabodetabek, ribuan  Mahasiswa tersebut berhasil mengumpulkan milyaran rupiah dan disalurkan kepada yang berhak.

 

Melalui Laboratorium Kewirausahaan Sosial dan Filantropi Islam Uhamka (LKSFI) secara aktif melakukan pengkajian usaha dengan gerakan filantropi bekerjasama dengan filantropi Indonesia, dan secara resmi terdaftar sebagai lembaga  filantropi ventura di PBB melakui organisasi PRME.

 

Dan melalui lembaga Pengabdian Pada masyarakat  secara berkesinambungan Uhamka setiap tahun menganggarkan dana untuk dosen malakukan tugasnya melalui pengabdian kepada masyarakat dan juga program khusus dalam Penanganan Covid-19.

 

Gunawan juga menyampaikan selamat kepada BAZNAS atas 21 tahun berkiprah memastikan Zakat Indonesia bermanfaat untuk rakyat Indonesia.

 

"semoga kegiatan pengelolaan zakat ini terus berdiri kokoh untuk menyejahterakan umat manusia yang ada di muka bumi khususnya di Indonesia. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang sangat berharga ini untuk Uhamka," tutur Gunawan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kiat Dukung Literasi Zakat, Uhamka Raih Penghargaan BAZNAS AWARD 2022

Trending Now

Iklan

iklan