Ini 5 Alasan Mengapa Minum Teh di Pagi Hari Baik Untuk Kesehatan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-01-16T06:00:36Z

 


Windy Oktaviani 

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Teh ternyata memberikan dampak yang baik saat dikonsumsi pagi hari. Para ahli bahkan menganjurkan minum teh saat sarapan.

Secangkir teh ternyata bukan hanya menenangkan dan menyegarkan, minuman dari pucuk daun teh ini juga punya banyak khasiat. Dilansir dari Standard (9/8) berikut 5 manfaat positif yang bisa didapatkan jika mengonsumsi teh di pagi hari.


1. Teh mengurangi stress

Kalau merasa stres dan banyak pikiran, cobalah menikmati segelas teh hangat. Sebuah penelitian yang dilakukan UCL menunjukkan jika teh bisa mengusir hormon stres pada seseorang. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology, membuktikan jika orang yang minum teh mampu menghilangkan stres lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsi teh. Teh yang disarankan adalah teh alami yang diseduh manual. Bukan teh kemasan.


2. Dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Seorang peneliti di Boston University School of Medicine melakukan penelitian terhadap 70 orang dengan penyumbatan saluran arteri koroner setidaknya 70 persen. Setelah minum teh hitam selama empat minggu, fungsi pembuluh darah meningkat hampir 50 persen.

Dr. Vita menyimpulkan bahwa minum teh dapat mencegah atau membalikkan fungsi saluran arteri dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Mereka menyimpulkan bahwa ini karena peran flavonoid, senyawa tanaman yang mengandung antioksidan sehingga mencegah pembentukan plak di dinding arteri.


3. Dapat mencegah kanker

Minum teh juga bisa menjauhkan kanker. Para peneliti di Universitas Rutgers mengidentifikasi senyawa dalam teh hitam yang dikenal sebagai theaflavin-3'-monogallate, atau TF-2, yang menyebabkan sel-sel kanker kolorektal untuk menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel-sel normal. Selain itu, mereka menemukan bahwa TF-2 menekan Cox 2, gen yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.


4. Dapat meningkatkan memori, focus, dan konsentrasi

Minumlah secangkir teh sebelum Anda pergi ke ruang rapat. Penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh mampu meningkatkan daya ingat, fokus dan konsentrasi. Minumlah teh secara rutin di pagi hari agar aktivitas berjalan lancar tanpa kendala.


5. Menurunkan kolestrol

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada orang dewasa. Penelitian ini dilakukan pada 15 orang selama tiga minggu. Hasilnya mencengangkan. Lima gelas teh hitam dalam sehari mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 6,5 persen. Jadi tak perlu obat-obatan kimia, cukup minum saja teh setiap pagi.

 

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini 5 Alasan Mengapa Minum Teh di Pagi Hari Baik Untuk Kesehatan

Trending Now

Iklan

iklan