Dosen Uhamka Berikan Pelatihan Penguatan Literasi Sains bagi Guru SDN Cipinang Cempedak 05 dan 06 Pagi

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:00 WIB Last Updated 2022-01-18T04:53:22Z



Kabarpendidikan.id
Dosen Program Studi PGSD FKIP Uhamka mengadakan pelatihan penguatan literasi sains dengan tujuan untuk penguatan keterampilan proses sains dan teknologi bagi guru-guru sekolah dasar di SDN Cipinang Cempedak 05 dan 06 Pagi (22/12/2021)


Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan menghadirkan narasumber yang ahli dan kompeten di bidang pembelajaran IPA dan teknologi pembelajaran.



Pembelajaran abad 21 menuntut kemampuan literasi yang baik dari para siswa. Salah satu kemampuan literasi yang harus dikuasai siswa adalah literasi sains. Literasi sains adalah kemampuan mengidentifikasi memahami dan memaknai isu terkait sains yang diperlukan seseorang untuk mengambil keputusan berdasarkan bukti-bukti saintifik. Literasi sains erat kaitannya dengan keterampilan proses sains. Dua hal ini juga perlu didukung oleh penguasaan teknologi dalam pembelajaran.



“Kegiatan ini merupakan bagian dari catur dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, pelatihan ini merupakan aplikasi dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang literasi sains dan keterampilan proses sains, selain itu penguasaan teknologi juga sangat dibutuhkan pada saat sekarang ini”, demikian ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan, Prima Mutia Sari, M.Pd.



Dalam kegiatan ini berlangsung dalam tiga sesi mulai dari dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB, sesi pertama diawali dengan penjelasan materi tentang literasi sains dan keterampilan proses sains yang dipaparkan oleh narasumber Prima Mutia Sari, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua tentang penggunaan aplikasi Quizziz dalam pembelajaran dengan narasumber Husnin Nahry Yarza, M.Si.



Sebelum pemaparan materi, para peserta diminta mengerjakan kuis tentang literasi sains dan keterampilan proses sains melalui aplikasi Kahoot. Dari hasil tes awal ini diketahui bahwa para peserta banyak yang belum memahami tentang literasi sains dan keterampilan proses sains. Kemudian, narasumber menjelaskan tentang definisi dan berbagai indicator literasi sains dan keterampilan proses sains. Sesi terakhir tentang pembuatan dan pengeditan video pembelajaran sederhana dengan menggunakan aplikasi Powerpoint oleh narasumber Farhan Ramadan.



Pada akhir kegiatan peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran. “Pelatihan ini sangat menarik dan banyak ilmu baru yang didapatkan untuk diterapkan dalam pembelajaran namun sayang waktunya kurang lama” ujar salah seorang peserta.


 

Selain itu peserta juga mengaharapkan ada kegiatan-kegiatan pelatihan lainnya yang diadakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan para guru di era milenial ini.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Uhamka Berikan Pelatihan Penguatan Literasi Sains bagi Guru SDN Cipinang Cempedak 05 dan 06 Pagi

Trending Now

Iklan

iklan