Menemukan Bakat dan Minat

Minggu, 26 Desember 2021 | 10:03 WIB Last Updated 2021-12-26T03:03:00Z

 


Sabrina Syifa Pratiwi 

Mahasiswa FIKES Uhamka


Terkadang kita pernah mempertanyakan hal ini pada diri sendiri. Apa sih bakat yang kita punya? Mengerjakan banyak hal tapi hasilnya sama saja. Sudah belasan tahun tapi belum mengetahui minat dan bakat yang jelas. Kalian tidak sendirian kok. Karena banyak teman teman diluar sana yang masih bingung dengan bakat terpendam mereka. Bimbang atau merasa galau karena hal ini adalah suatu hal yang wajar. Tapi lebih baik, tidak terlarut dalam overthinking dan lebih baik kita cari minat bakat dengan beberapa cara ini!


Yang pertama, cari tahu apa saja hal hal yang menarik dan yang kamu suka. Semakin kita bertumbuh akan ada banyak hal yang kita lakukan. Eksplorasi banyak hal, temukan hal yang paling kita sukai dan kita lakukan setiap saat. Dengan demikian, kita akan menemukan bakat yang tepat dengan cepat.


kedua, tanyakan pada orang lain. Jangan pernah takut untuk meminta penilaian kepada orang lain. Karena perspektif setiap orang akan berbeda. Jika kita merasa pandai dalam melukis, belum tentu orang akan berpikir yang sama. Kita juga harus menerima kritik dari orang lain dengan bijak. Menerima kritik bukan berarti apa yang kita lakukan itu salah dan bidang itu bukanlah bakat kita.


Ketiga, latih hal yang kita sukai. Pisau tidak akan bisa digunakan sebagai pisau jika tidak diasah. Begitu pula dengan bakat. Bakat tidak akan pernah menjadi bakat jika tidak dilatih. Oleh karena itu, kita harus melatih hal yang kita sukai. Jika hal yang kita sukai ada banyak, tidak masalah. Bukankah banyak bakat justru lebih baik?


Ke empat, jangan menyerah. Setelah berkali-kali mencoba banyak hal, berlatih, menerima banyak kritikan atas pekerjaan kita sangat manusiawi jika kita merasa kecewa atau putus asa. Namun, seharusnya hal ini tidak menjadi penghalang bagi kita untuk menemukan bakat yang ada dalam diri kita. Semakin kita berusaha, kita akan semakin mengenali diri kita dan kita akan mengetahui banyak hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita akan tahu mana hal yang kita sukai dan yang tidak kita sukai, dan lebih daripada itu kita akan menjadi pribadi yang terbuka akan masukan dan tahan banting.


Beberapa poin diatas adalah hal-hal yang dapat kita lakukan dan terapkan untuk mengetahui bakat yang ada didalam diri kita. Kunci utama dari hal-hal diatas adalah jangan pernah takut untuk mencoba dan jatuh, karena guru terbaik adalah pengalaman.

  

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menemukan Bakat dan Minat

Trending Now

Iklan

iklan