Ma'ruf Amin Ingatkan Institusi Pendidikan Tinggi harus terus melakukan Transformasi dan Memperkuat Kolaborasi

Senin, 20 Desember 2021 | 11:09 WIB Last Updated 2021-12-20T08:57:28Z

 


Kabarpendidikan.id
 - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan 2 tantangan yang dihadapi dunia pendidikan tinggi saat ini, dalam acara International Seminar and Conference on Global Issues ke-5 Tahun 2021 . Dua tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan bijak oleh seluruh perguruan tinggi.


"Saya mengajak semuanya untuk mengamati 2 fenomena perubahan wajah dunia pendidikan dewasa ini. Pertama, hadirnya platform online penyedia layanan pendidikan dan pelatihan dengan valuasi aset miliaran dolar," ujar Amin.


Ma'ruf Amin mengatakan, kehadiran platform online ini pun membuat lembaga pendidikan ini tidak memiliki gedung kampus layaknya universitas terkemuka dunia. Beberapa nama lembaga yang dikenal masyarakat Indonesia yakni Udemy, Coursera, ataupun Ruang Guru yang berasal dari Indonesia.


Sedangkan, tantangan kedua, hadirnya generasi yang lahir dan tumbuh di era teknologi digital. Ma'ruf  Amin menyebut, generasi ini adalah generasi digital native yang sangat pandai memanfaatkan teknologi digital dalam hidup sehari-hari.


"Sebesar apapun usaha yang dicurahkan oleh generasi seperti saya, yang merupakan digital immigrant, tentu tidak akan sanggup mengimbangi keahlian bermain dengan teknologi seperti para digital native tersebut," ujar Amin.


Ma'ruf Amin melanjutkan, setidaknya 2 tantangan dunia pendidikan tinggi itu harus dihadapi bersama dengan bijak. Menurutnya, institusi pendidikan tinggi harus dapat menjaga relevansi dan eksistensinya sebagai pencetak SDM yang unggul, berdaya saing global, dan berakhlak mulia.


"Demi menjawab tantangan perubahan yang ada, institusi pendidikan tinggi harus terus melakukan transformasi dan memperkuat kolaborasi, termasuk dengan dunia usaha dan dunia industri, pemerintah, lembaga non-pemerintah, organisasi profesi, masyarakat, dan media," tutur Amin.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ma'ruf Amin Ingatkan Institusi Pendidikan Tinggi harus terus melakukan Transformasi dan Memperkuat Kolaborasi

Trending Now

Iklan

iklan