katan Keluarga Alumni (IKA) UII Ciptakan Gerakan UII Bumi Lestari

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:30 WIB Last Updated 2022-01-03T13:47:30Z


Kabarpendidikan.id
 Seluruh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII di Indonesia secara serentak bersama Universitas Islam Indonesia, menciptakan gerakan UII Bumi Lestari. Program ini merupakan kolaborasi yang nantinya secara bertahap dan berkelanjutan akan melakukan dengan target satu juta pohon.

Ari Yusuf Amir selaku Sekretaris Jenderal DPP IKA UII menyampaikan "Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa semakin menambah ruang hijau dengan menanam bibit pohon di sekitar kampus dan ruang publik di semua tingkatan sesuai sebaran alumni UII," ujarnya.


Kemudian, menurut Ari gerakan ini secara nyata menjadi kontribusi UII yang berdampak pada pemeringkatan The Impact Ranking dan Greenmetric khususnya kriteria Setting and Infrastructure. Juga turut mengampanyekan gerakan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.


Berakhirnya tahun 2021 menjadi momentum yang tepat untuk memulai langkah awal gerakan UII Bumi Lestari yang diterjemahkan sebagai gerakan menanam sejuta pohon, akan dicapai secara bertahap dan berkelanjutan, dengan dimulai menyiapkan kurang lebih 3.000 pohon yang siap ditanam pada gelombang pertama. 

“Kita juga akan menyampaikan visi penting lainnya yang pada kegiatan ini adalah, membangun kesadaran bersama, bahwa melestarikan bumi merupakan tanggung jawab kekhalifahan, dan tanggungjawab moral sebagai alumni dari perguruan tinggi Islam. Sekecil apapun gerakan ini, berapa batang pun yang telah disumbangkan dari kawan-kawan alumni dan semua pihak yang mendukung gerakan ini, akan memiliki dampak besar untuk bumi di masa mendatang,” tutur Ari. 


Gerakan perdana UII Bumi Lestari merupakan langkah awal yang diikuti oleh sejumlah DPW dan DPD IKA UII se- Indonesia, di antaranya DPW Nusa Tenggara Barat, DPW Kalimantan Barat, DPW Bali, DPW Kalimantan Selatan, DPW Jawa Tengah, DPW Daerah Istimewa Yogyakarta, DPW Sulawesi Tenggara, DPW Kalimantan Timur, DPD Majalangka, DPD Kediri, DPD Sleman, DPD Bantul dan lain-lain. 

Dalam akhir, Ari menyampaikan "DPP IKA UII berbangga atas tingkat partisipasi seluruh jajaran Pengurus DPP, Pengurus DPW/DPD/Pengurus IKA Prodi, dan seluruh alumni untuk menyukseskan program menanam Sejuta Pohon. Kami berkomitmen, kedepan gerakan ini akan menjadi gerakan berkelanjutan dan menjadi program tetap bersama dengan kampus UII," tuturnya.

(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • katan Keluarga Alumni (IKA) UII Ciptakan Gerakan UII Bumi Lestari

Trending Now

Iklan

iklan