Pengembangan UMKM Merupakan Faktor Bangkitnya Ekonomi Indonesia

Jumat, 05 November 2021 | 11:31 WIB Last Updated 2021-11-05T05:46:06Z

 

Kabarpendidikan.id Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyatakan bahwa ekonomi Indonesia bisa bangkit dengan salah satu faktor, yaitu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masa kini.

 

“3G. Itu sebutannya, apabila ekonomi kita ingin pulih, maka lakukan itu. Pertama yaitu kita harus gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan gaspol yaitu garap semua potensi yang ada,” ujarnya, Kamis (4/11).

 

Sandi menuturkan, tekat dan keinginan kuat para pelaku UMKM lah yang menjadi faktor keberhasilan gerakan-gerakan tersebut. Dorongan dari pihak-pihak luar, seperti Kementerian Koperasi dan UMKM juga berpengaruh untuk terciptanya ekonomi Indonesia yang kuat.

 

Sandi meyakini bahwa Pemulihan ekonomi Indonesia yang sempat jatuh karena efek pandemi Covid-19 bisa bangkit dengan sinergi yang diciptakan para pelaku UMKM lewat transformasinya.

 

Akselerasi dan transformasi digital perlu dorongan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, pelaku usaha, dan pendidikan. UMKM yang hadir dalam semua jenis usaha, diharapkan semua sudah memasuki dunia digital agar ikut serta dalam kemajuan pelaku UMKM Indonesia.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengembangan UMKM Merupakan Faktor Bangkitnya Ekonomi Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan