Pembelajaran Daring di masa Pandemi

Selasa, 16 November 2021 | 10:08 WIB Last Updated 2021-11-16T03:08:00Z

 


Muhammad Haidir

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Pada masa pandemi seluruh sektor kehidupan seperti mati suri, Sektor tersebut ialah  ekonomi, sosial, politik, budaya dan utamanya pendidikan. Sektor pendidikan sangat terdampak sekali dengan pandemi, dikarenakan sekolah merupakan salah satu tempat yang potensial untuk terjadi kerumunan.


Kebijakan physical distancing untuk memutus penyebaran wabah, memaksa perubahan dari pendidikan formal dibangku sekolah menjadi belajar dari rumah, dengan sistem pendidikan online itu tidak mudah, Disiplin pribadi untuk belajar secara mandiri, ada fasilitas yang harus disediakan.


Pembelajaran online memang unggul dalam feasibility waktu dan tempat, bisa dari mana saja dan kapan saja, dengan sistem pembelajaran jarak jauh kemungkinan akan timbul beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran, dimasa pandemi ini, langkah ini dipandang sangat penting karena jika tidak ada persiapan matang sejak awal, maka dimungkinkan akan terjadi loss generation.


Kelemahan belajar daring, misalnya: cepat lelah, capek, kurang induktif, kurang kontekstual, tidak bisa utuh, interaksi semu dan sulit untuk menjangkau implementasi penguatan, pendidikan karakter bagi pembelajar.


Pada dasarnya pandami Covid-19 memberikan dampak-dampak yang dapat melemahkan aktivitas manusia, dampak yang kita rasakan memang sangat nyata dan dapat dirasakan manusia, Namun, masyarakat tidak bisa menjadikan pandemi Covid-19 sebagai sebab untuk tidak melaksanakan kegiatan terutama dalam bidang pendidikan.


Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, sehingga sekolah bisa dimulai lagi dan juga aktivitas bisa dilakukan dengan normal, masyarakat harus melakukan protokol kesehatan agar tidak terkena Covid-19. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembelajaran Daring di masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan