Pengaruh Lingkungan Pendidikan bagi Peserta Didik

Kamis, 07 Oktober 2021 | 10:08 WIB Last Updated 2021-10-07T03:08:00Z

 



Karya Erlinda Tri Kusumawati 

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Manusia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan. Lingkungan memiliki hubungan dengan manusia. Lingkungan mempengaruhi sikap dan perilaku manusia, begitupun sebaliknya manusia yang dapat mempengaruhi lingkungan. Dalam proses pembelajaran, lingkungan dapat mempengaruhi pendidikan bagi peserta didik. Yang dimana dapat diketahui ada dua faktor yang mempengaruhi pendidikan, yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal. 

Secara garis besar dapat diketahui lingkungan eksternal yaitu permasalahan globalisasi yang mempengaruhi mutu pendidikan. Dengan adanya globalisasi dunia pendidikan akan bergantung pada teknologi, yang dimana akanmuculnya dampak tradisi yang serba instant. Kita dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi yang dapatmembantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat menunjang pendidikan yang akan berkembang pesat. Pada era globalisasi ini pendidikan nasional akan menghadapi situasi kompetitif yang dimana akan adanya persaingan dengan pendidikan global. Manfaatnya pada zaman sekarang dengan adanya globalisasi dapat membuka peluang pendidikan nasional, contohnya pertukaran pelajar. Peserta didik sekarang dapat memilih pendidikandi luar negeri, apalagi jika pendidikan nasional sendiri masih kurang berkualitas. 

Selain itu ada lingkungan internal yang juga memliki pengaruh terhadap pendidikan. Lingkungan internal yaitu profesionalisme guru. Guru merupakan peran penting dalam pendidikan yang dimana dengan kemajuan teknologi guru sebagai fasilitator yang menunjang keberhasilan suatu pendidikan bagi peserta didik. Selain berperan dalam menyalurkan ilmu dan pengetahuan, guru juga membentuk karakter dan moral peserta didik. Guru harus memiliki landasan pengetahuan yang kuat, memiliki sistem seleksi profesi dan sertifikasi. Namun pada kenyataannya kualitas guru yang kurang sebagai contoh yaitu guru yang mengajar dua mata pelajaran yang bukan sama sekali merupakan bidang yang dikuasainya sehingga proses pembelajaran terganggu atau kurang maksimal. Kurangnya tenaga pengajar juga berpengaruh bagi keberhasilan sebuah proses pembelajaran, terutama di daerah-daerah pelosok.

Selain profesionalisme guru atau pengajar, sistem pembelajaran juga berpengaruh terhadap pendidikan. Dimana dengan adanya globalisasi sistem pembelajaran tradisional diubah menuju sistem pembelajaran modern atau pembelajaran yang baru. Dalam kurikulum sekarang ini dimana sekarang peserta didik dituntut harus lebih aktif dari pengajar dalam mencari materi pembelajaran, adanya interaksi tanya jawab antara peserta didik dengan pengajar. Dapat dilihat pada pendidikan nasional perubahan kurikulum yang berubah-ubah dalam waktu yang singkat ini berdampak pada pendidikan. Ketidaksiapan guru akan pergantian kurikulum dapat mengganggu kestabilan proses pembelajaran. Agar tidak hilangnya moral atau jati diri dari manusia pada zaman sekarang ini, solusinya adalah pendidikan nasional tidak usah terburu-buru mengikuti arus globalisasi, namun jangan juga terlalu lamban dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tidak tertinggal. Untuk pendidikan nasional juga sebaiknya ditingkatkan agar peserta didik bisa mengembangkan prestasi atau potensi diri yang dimiliki dan agar mampu bersaing dengan pendidikan di luar serta agar tidak mengalami beban atau tekanan yang berat. 



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengaruh Lingkungan Pendidikan bagi Peserta Didik

Trending Now

Iklan

iklan