Teknologi Pendidikan Dalam Keefektifan Proses Pembelajaran

Rabu, 21 Juli 2021 | 08:05 WIB Last Updated 2021-07-21T01:05:00Z

 

Karya Astri Indriani

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Pendidikan bisa dikatakan efektif bila proses pendidikannya bisa membuat peserta didik dapat belajar dengan mudah., menyenangkan, dan bisa tercapai tujuan sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, pendidik yaitu dosen, guru, instruktur, dan trainer dituntut supaya mampu meningkatkan keefektifan pembelajaran supaya proses pembelajaran tersebut dapat bermanfaat.


Sampai saat ini, masih banyak masyarakat beranggapan bahwa pendidikan formal dikenal hanya sebagai formalitas saja, menghiraukan bagaimana hasil dari proses pembelajaran tersebut, yang mereka utamakan adalah gengsi, jika mereka sudah melaksanakan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi akan di anggap sebagai orang hebat oleh masyarakat.


Kemunculan ilmu teknologi pendidikan memiliki salah satu target tujuan kepada media belajar dan kurikulum, oleh karena itu pengembangan sangat penting untuk mendukung keefektifan proses pembelajaran serta mencapai tujan dengan optimal. Penggunaan pengembangan program belajar diharapkan dapat memberi keuntungan kepada pendidik dalam penyampaian materi belajar supaya lebih mudah dan efektif.


Sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang bisa mempengaruhi tingkat kemampuan belajarnya. ICT dihadirkan untuk bisa digunakan sebagai media pembelajaran, diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kurang kesadaran nya dalam keefektifan proses pembelajaran peserta didik maupun pendidik.


Menurut saya situasi ini berkemungkinan besar untuk mengaplikasikan didalam proses pembelajaran di sekolah, karena semakin kesini hampir seluruh sekolah dewasa sudah memiliki fasilitas komputer maupun milik pribadi, sehingga memungkinkan untuk mengembangkan program pembelajaran berbasis ICT, CD/DVD, media interaktif lainnya.


Mengapa demikian? Supaya penyampaian materi dapat lebih efektif, efesien dan menarik bagi peserta didik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Teknologi Pendidikan Dalam Keefektifan Proses Pembelajaran

Trending Now

Iklan

iklan