Sekolah di Mataram Lakukan Pembelajaran dan MPLS Bagi Siswa Secara Online

Selasa, 13 Juli 2021 | 10:13 WIB Last Updated 2021-07-18T16:09:25Z

  

Kabarpendidikan.id Pembelajaran bagi siswa dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi TK, SD, dan SMP di Kota Mataram yang awalnya direncanakan secara tatap muka terbatas dialihkan secara daring. Hal ini menyusul Kota Mataram termasuk wilayah Kabupaten/kota yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.


Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari pada Senin, 12 Juli 2021 menyampaikan, sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Mataram dan mendukung pelaksanaan PPKM darurat, maka MPLS di SMPN 14 Mataram dilaksanakan secara daring. “Kegiatan hari ini diawali absensi, doa, dan sambutan kepala sekolah untuk membuka kegiatan MPLS,” ujarnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi  MPLS tentang visi misi dan kebijakan sekokah, pengenalan pendidik dan tenaga kependidikan, serta fasilitas sekolah. Termasuk menjelaskan mengenai wawasan wiyata mandala, pola hidup bersih dan sehat, cara belajar, pencegahan Covid-19, penguatan karakter, dan kepramukaan. Kegiatan diawali pukul 07.30 Wita, dan berakhir pukul 10.00 Wita.


Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 6 Mataram, H. Azizudin menyampaikan, pihaknya melaksanakan MPLS secara daring seperti tahun 2020 lalu. Hal ini dilakukan mengikuti kebijakan PPKM darurat.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, M.Pd., pada Senin, 12 Juli 2021 menjelaskan, menindaklanjuti bahwa Kota Mataram termasuk wilayah kabupaten/kota yang ditetapkan sesuai kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen dengan kriteria level empat sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, baik sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan dilakukan secara daring atau online.


Oleh karena itu, Fatwir menegaskan, tahun ajaran baru 2021/2022 tetap dimulai pada Senin, 12 Juli 2021. Namun layanan pendidikan di sekolah dengan menghadirkan siswa sejak tanggal 12 Juli sampai dengan 20 Juli 2021 belum bisa dilaksanakan. “Sehingga layanan diberikan secara daring,” jelasnya.


Ia juga menjelaskan, MPLS bagi peserta didik baru dilaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 17 Juli 2021 dilaksanakan secara daring. Materi pengenalan lingungan sekolah dikemas dalam bentuk digital melalui media elektronik. (AL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekolah di Mataram Lakukan Pembelajaran dan MPLS Bagi Siswa Secara Online

Trending Now

Iklan

iklan