Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Dunia Pendidikan

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:15 WIB Last Updated 2021-07-16T10:24:41Z

 

Karya Claudia Dita Arsani

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris  FKIP Uhamka


Di era modern seperti sekarang ini, kerusakan moral sudah sampai pada kondisi yang sangat memprihatinkan. Dan itu terjadi pada berbagai usia, baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa telah terkena penyakit ini. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dan canggih, teknologi yang semakin canggih inilah memberikan banyak dampak negatif dan postif bagi kehidupan bangsa kita. Dampak positifnya kita bisa menggunakan teknologi canggih itu untuk mendapatkan informasi-informasi dan pengetahuan lebih luas baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi tidak sedikit juga dampak negatif yang ditimbulkan sehingga moral bangsa kita yang dikenal baik, luntur secara perlahan-lahan. Berbagai kasus moral telah menghiasai media massa, baik cetak atau elektronik  seperti kasus yang sejak dulu tidak pernah berhenti diperbincangkan dan emakin membudaya di negeri ini yaitu KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), kemudian kasus yang lain pelanggaran HAM, pelecehan seksual, pornografi, dan penyalahgunaan narkoba. Di era modern seperti kasus-kasus seperti yang telah disebutkan menjadi permasalahan yang terkesan biasa di masyarakat kita sekarang bahkan terkesan tidak tabu dan tidak megejutkan lagi.


Permasalahan moral di Indonesia  semakin hari semakin bertambah baik dari segi kualitas atau dari segi lainnya.Berbagai upaya yang telah dilakukan terus-menerus oleh pemerintah untuk memberantas atau mengurangi kasus-kasus moral yang terjadi di negara kita ini. Terus dibuatnya undang-undang yang mengatur masalah kehidupan manusia namun belum mendapatkan hasil yang mememuaskan. Adanya lembaga-lembaga negara yang menangani atau mengatur kasus-kasus tersebut ternyata belum bisa menjadi senjata yang mampu membinasakan kasus-kasus moral di negeri kita ini. Upaya lain yang bisa ditempuh diantaranya melakukan gerakan besar-besaran yang melibatkan banyak elemen masyarakat, banyak yang tergabung dalam partai-partai politik, organisasi massa, lembaga-lambaga masyarakat, atau perkumpulan-perkumpulan lainnya.


Untuk memberantas berbagai kasus moral yang tumbuh dan berkembang pesat dan menjadi ancaman yang menakutkan bagi negara kita ini dapat dilakukan dan digerakkan oleh kepemimpinan yang bersih dan berwibawa. Semangat dan jiwa yang bersih dapat menjadi pemicu dalm melakukan gerakan pemberantasan berbagai kasus-kasus moral tersebut. Alternatif lain yang dapat ditempuh yaitu melalui pendidikan baik secara formal, informal, atau nonformal. Misalnya dengan menerapkan pembelajaran moral dalam dunia pendidikan.  Dengan upaya inilah barangkali berbagai kasus moral yang terjadi di negara kita ini dapat diminimalisis meski membutuhkan  waktu yang panjang.


Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan diatas bahwa alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi berbagai kasus moral sekarang ini, maka pembelajaran moral dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting untuk menata kepribadian diri seseorang melalui nilai-nilai moral yang diajarkan dalam pembelajaran moral di dunia pendidikan agar tidak melakukan hal yang dapat merusak moral dari diri seseorang sehingga menjadi pribadi yang baik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Dunia Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan