Menempuh Pendidikan di Desa Saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 24 Juli 2021 | 17:30 WIB Last Updated 2021-07-24T10:30:00Z

 

Karya Ainaya Putri Fatihah

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan adalah proses pembelajaran atau sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Sejak zaman dahulu, pendidikan adalah sarana perjuangan, dan untuk mendapatkan pendidikan itu sendiri merupakan perjuanganSaat ini pun generasi muda masih harus berjuang untuk mendapatkan pendidikan.


Contohnya anak-anak yang di desa dengan infrastruktur yang belum memadai. Mereka harus melewati sungai terlebih dahulu supaya bisa sampai ke sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Tentunya itu sangat berbahaya jika arus sungai sedang naik. Tetapi dengan tekad dan niat yang kuat, tidak ada alasan bagi mereka untuk bisa sampai ke sekolah. Tentunya untuk menjadi manusia yang lebih baik, paling tidak lebih baik dari orangtuanya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan harkat, martabat dan kesejahteraan hidupnya.


Ketika pandemi COVID-19 muncul, mereka harus lebih berjuang lagi untuk mengejar pelajaran yang tertinggal. Metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring kurang efektif bagi wilayah yang tertinggal khususnya di desa. Karena tidak merata nya akses internet, mahalnya pembelian kuota, dan sebagian ada yang belum memiliki hp. Itu menjadi kendala dalam proses pembelajaran daring bagi masyarakat di desa.


Orang tua harus mengawasi anak nya ketika pembelajaran dilaksanakan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Karena terkadang masih saja ada anak yang berleha-leha ketika berada di rumah. Tetapi tidak semua orang tua bisa mendampingi anaknya ketika belajar di rumah.


Kesuksesan pembelajaran daring pada masa COVID-19 tergantung pada kedisiplinan baik orang tua, murid, maupun pengajar. Karena pihak orangtua dan pengajar juga harus melakukan komunikasi yang efektif dalam bekerja sama membangun kedisiplinan anak belajar di rumah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menempuh Pendidikan di Desa Saat Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan