Manfaat ASMR dan Cara kerja Otak terhadap keproduktifan Belajar

Kamis, 22 Juli 2021 | 17:21 WIB Last Updated 2021-07-22T10:21:00Z

 

Karya Rara Jingga Bunga Aryatie

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Apa itu ASMR? ASMR merupakan singkatan Autonomous Sensory Meridian Response. Jadi, maksudnya ialah suara yang dianggap dapat memberikan ketenangan, mulai memukul benda tertentu secara berulang,  gesekan antara benda, gemericik air, orang saat mengunyah makanan dan masih banyak lagi. Banyak di temukan artikel psikologi mengatakan bahwa ASMR membuat pendengarnya menjadi lebih rileks. Penelitian online pertama yang dilakukan Giulia Lara Poerio menyatakan banyak responden yang  merasa bahwa tingkat stress mereka menurun dan mereka merasa lebih rileks dan tenang.

 

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan ASMR cenderung memiliki kebiasaan fokus yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan ASMR. Apabila kebiasaan fokus ini di terapkan pada keseharian akan membantumu fokus dan meningkatkan produktivitas kerja. Tambahan, banyak orang, termasuk saya, bahkan mengakui bahwa video dan suara ASMR dapat membantu mengatasi insomnia. Ini dapat membuat tidur dengan cukup yang dapat membantu daya ingat dan membantu berpikir lebih jernih dalam mengambil keputusan.

 

Saat mendengar sensasi ASMR biasanya orang akan merasa tergelitik, seperti ada rasa geli yang membuat bulu kuduk berdiri ataupun merinding di sekitar lengan. Rasa itu bisa menjalar dari tulang belakang sampai atas kepala. Kondisi ini berhubungan dengan sinestia atau suatu kondisi dimana masukan sensorik yang dialami oleh satu indra dirasakan secara bersamaan oleh indra lain. Oleh karena itu, kita dapat simpulkan bahwa ASMR memicu sistem suatu saraf yang dapat membuat orang merasa rileks.

 

Semakin sering orang mendengar ASMR, tubuh dan otak akan semakin mengembangkan toleransi terhadap ASMR. Namun, jika orang berhenti mendengarkan ASMR selama seminggu atau dua minggu, kebanyakan orang mengatakan bahwa sesasi ASMR biasanya akan kembali. Meskipun ASMR masih merupakan suatu misteri, satu yang pasti bagi banyak orang menonton video ASMR dapat membuat mereka orgasme otak atau sama dengan perasaan rileks saat mendengarkan ASMR ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat ASMR dan Cara kerja Otak terhadap keproduktifan Belajar

Trending Now

Iklan

iklan