Manfaat pembelajaran Jarak Jauh

Rabu, 09 Juni 2021 | 14:09 WIB Last Updated 2022-01-26T05:25:37Z



Karya 
Hasna Khairunnisa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Dunia Pendidikan yang dahulu hanya bisa dilakukan dengan cara tradisional atau dengan tatap muka, sekarang sudah dapat dilakukan dengan bantuan media lain, salah satunya dengan cara teknologi pemprograman yang di aplikasikan kedalam e-learning. E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Beberapa media yang digunakan untuk belajar adalah internet. Jaringan computer ataupun melalui handphone seluler. Contoh penerapan e-learning dalam instansi Pendidikan dapat kita lihat melalui berbagai universitas yang menyediakan fasilitas e-learning. Fasilitas e-learning memungkinkan terjadinya pembelajaran jarak jauh atau lebih tepatnya kuliah jarak jauh.

Adapun beberapa manfaat e-learning atau pembelajaran jarak jauh, diantaranya adalah;

1.      Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

2.      Mempermudahkan penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.

3.      Bertambahnya interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan dosen atau pengajar.

Manfaat pembelajaran jarak jauh, mata kuliah atau pelajaran jadwal terbuka memungkinkan lebih banyak fleksibilitas, tidak hanya dari segi lokasi belajar, namun juga waktu belajar, sehingga untuk yang memiliki aktifitas seperti kerja part time bisa memperoleh manfaat dari pembelajaran jarak jauh. Bagi banyak orang, kemampuan untuk terus bekerja part time melakukan pembelajaran jarak jauh membuat belajar menjadi opsi yang sangat terjangkau. Dari segi biaya; mata pelajaran atau kuliah pembelajaran jarak jauh cenderung lebih murah daripada kuliah yang bertempat di kampus karena memerlukan sumber daya dan prasana yang lebih sedikit. Mata pelajaran atau kuliah pembelajaran jarak jauh terkadang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengejar mata pelajaran atau kualifikasi yang mungkin tidak tersedia di daerah setempat, karena seseorang bisa belajar dari mana saja dari seluruh penjuru dunia.

 

Manfaat e-learning jika dilihat dari 2 sisi yang berbeda ; 

Manfaat pembelajaran jarak jauh jika dilihat dari 2 sisi yang berbeda :

a.       Manfaat bagi pengajar atau dosen

Melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh dosen atau pengajar akan lebih mudah melakukan pembaharuan materi atau model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi. Kegiatan ini juga dapat dengan mudah mengontrol kegiatan belajar mahasiswa.

 

b.      Manfaat bagi mahasiswa

Melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh akan lebih mudah mengakses materi-materi kuliah sebagai bahan belajar yang dapat dilakukan setiap saat dan bisa dilakukan secara berulang-ulang. Selain itu juga dapat berkomunikasi dengan pengajar atau dosen setiap saat misalnya melalui aplikasi seperti google meet, zoom, ataupun email. 

Demikian pembahasan tentanng pembelajaran jarak jauh, semoga bermanfaat untuk dibaca dan dapat mudah dipahami saat dibaca.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat pembelajaran Jarak Jauh

Trending Now

Iklan

iklan