Kurangnya Pemahaman Masyarakat dalam Mengatur Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 30 Juni 2021 | 07:35 WIB Last Updated 2021-06-30T22:37:05Z

  

Karya Annisa Sahrani

Mahasiswa FEB Uhamka

Sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan imbaun berupa 3 M yaitu: memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu pula untuk mencegah tubuh dari paparan Covid-19 kita juga harus menerapkan pola hidup yang bersih serta sehat. Karena virus Covid-19 ini salah satu virus yang menyerang sistem kebebalan tubuh kita,jadi jika kekebalan tubuh kita lemah maka virus akan mudah masuk dengan sendirinya.

Namun, masih banyaknya masyarakat yang kurang paham dalam menerapkan pola hidup sehat,sehingga Covid-19 terus meningkat di Indonesia. Maka dari itu sangatlah penting bagi setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pemahaman mengenai pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19,berikut diantaranya :

1.        Terapkan Program 3 M dan biasakan hidup bersih serta sehat.

Dimasa pandemi seperti ini 3 M sangatlah penting dan yang paling utama. 3 M diantaranya memakai masker,mencuci tangan,dan menjaga jarak. Dengan membiasakan hidup bersih tubuh kita akan tidak mudah terkena bakteri atau virus.

2.        Istirahat dan minum air putih yang cukup.

Sangatlah penting bagi tubuh kita untuk memiliki waktu istirahat yang cukup setelah banyaknya aktivitas yang kita lakukan dalam 24 jam. Dengan istirahat tubuh kita akan dapat berfungsi secara optimal. Selain kita beristirahat, kita juga harus minum air yang cukup agar tidak dehidrasi, berdasarkan anjuran Kementrian Kesehatan takaran normal minum air adalah 8 gelas atau setara dengan 230 ml per hari.

3.        Hindari stress dan rutin berolahraga.

Salah satu untuk kita menghindari stress yaitu dengan berolahraga karena ini baik untuk pikiran,tubuh serta jiwa. Kita bisa berolahraga rutin di pagi hari , selain kita berolahraga kita juga dapat berjemur di bawah sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

4          Makanan yang sehat serta mengonsumsi vitamin.

Karena adanya virus Covid-19 ini banyaknya aktivitas di rumah guna meringankan penyebaran virus,dengan ini dapat kita jadikan momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi yang seimbang,dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna,disamping itu pula perlu juga mengonsumsi vitamin yang baik guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Itulah beberapa pemahaman mengenai pola hidup sehat,dengan ini semoga masyarakat bisa memahami betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat, karena jika bukan dari diri kita sendiri yang menjaga kesehatan tubuh kita, siapa lagi?? yuk mulai dari sekarang kita sama-sama bangkit untuk melawan pandemi virus Covid-19 ini agar kehidupan kita dapat berjalan normal seperti dulu lagi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kurangnya Pemahaman Masyarakat dalam Mengatur Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan