Psikologi Uhamka Adakan Pendidikan Kader Bangsa

Selasa, 04 Mei 2021 | 10:20 WIB Last Updated 2021-05-04T04:22:54Z

Kabarpendidikan.id Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk mahasiswanya menjadi pemuda yang berjiwa kepemimpinan tinggi, mencintai agama, tanah air, dan bangsanya. Hubbul Wathan minal Iman merupakan salah satu slogan yang digaungkan para ulama untuk membela bangsa dan negara Indonesia dan mengusir penjajahan saat itu. Cinta tanah air adalah bagian dari ekspresi keimanan. Nah, slogan ini penting direvitalisasikan mengingat saat ini NKRI mendapatkan sejumlah tantangan sebagai dampak dari modernisasi dan globalisasi.

 

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai peran penting pemuda dalam memajukan agama Islam dan bangsa Indonesia di kalangan mahasiswa, Fakultas Psikologi Uhamka mengadakan kegiatan Pendidikan Kader Bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada tanggal 30 April-2 Mei 2021.

 

Wakil Dekan III Bidang Kehamasiswaan Fakultas Psikologi Uhamka, Ilham Mundzir mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari implementasi pembinaan kemahasiswaan sesuai ketetapan dari Belmawa Dikti yakni pentingnya melakukan pembinaan mental kebangsaan di kalangan mahasiswa yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila” ungkapnya.

 

Dilain pihak Anisia Kumala selaku Dekan Fakultas Psikologi mengatakan bahwa kegiatan ini dikhusukan kepada 20 mahasiswa terpilih Fakultas Psikologi Uhamka untuk membekali mereka dengan wawasan keIslaman yang moderat, wawasan kebangsaan, dan mendorong kesiapan menghadapi perubahan dan tantangan zaman. Sehingga, mereka bisa diandalkan menjadi kader bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang handal, memiliki wawasan bela negara, serta memiliki kewaspadaan terhadap infiltrasi ideologi-ideologi yang mengancam eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

 

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ini, materi yang diajarkan mencakup: Dasar-Dasar Islam untuk Kepemimpinan Muda, Teknik-Teknik Dakwah Islam di Perkotaan, Menulis Karya Ilmiah, Radikalisme dan Terorisme Dalam Perspektif Psikologi, dan materi terakhir adalah Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Berdaya untuk Indonesia Maju. Adapun peserta terbaik dalam kegiatan ini diraih oleh Syeima Gues, Ibnu Muhammad Afrizal, Empi Wanda Hamidah, Anisa Hasna Tsabitah, dan Maryam Sholihah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Psikologi Uhamka Adakan Pendidikan Kader Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan