Pendidikan Optimal ketika Era Pandemi

Rabu, 07 April 2021 | 12:57 WIB Last Updated 2021-04-07T23:01:29Z


(Devita Arum Yuniar / Mahasiswa D3 Akuntansi FEB UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Wabah covid-19 yang telah memasuki Indonesia sejak Maret 2020 sangat memukul perekonomian nasional yang memaksa pemerintah untuk melakukan langkah cepat dalam mengambil keputusan. Di saat era pandemi seperti ini, pemerintah mengoptimalkan berbagai cara untuk mengurangi adanya penambahan kasus covid-19 setiap harinya. Dampak pandemi covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian di Indonesia, saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak mampu mempertahankan keadaan keuangannya.


Semua sektor merasakan dampak Covid-19. Dunia pendidikan salah satunya. Dilihat dari kejadian sekitar yang sedang terjadi, baik siswa maupun orang tua siswa yang tidak memiliki handphone untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring ini merasa kebingungan, sehingga pihak sekolah ikut mencari solusi untuk mengantisipasi hal tersebut. Beberapa siswa yang tidak memiliki handphone melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga mereka melakukan aktivitas pembelajaran pun bersama. Mulai belajar melalui videocall yang dihubungkan dengan guru yang bersangkutan, diberi pertanyaan satu persatu, hingga mengisi daftar hadir melalui VoiceNote yang tersedia di WhatsApp. Materi-materinya pun diberikan dalam bentuk video yang berdurasi kurang dari 2 menit.


Pada saat ini keuangan sangat diminimalisirkan untuk kebutuhan sehari-hari, namun pembelajaran dengan daring/online sangat membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk kebutuhan seperti kuota, sinyal, dan lain-lain. Selain itu, adanya pembayaran biaya sekolah/kuliah untuk tetap melanjutkan pendidikan yang membuat keuangan sangat dibutuhkan bagi para orang tua. 


Oleh karena itu, pemerintah melakukan cara efektifitas untuk melanjutkan pendidikan yaitu dengan menyediakan beasiswa bagi pelajar/mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Dengan demikian, pendidikan di era pandemi dapat berjalan secara optimal.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan Optimal ketika Era Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan