Pendidikan Dalam Pandangan Al Qur’an Dan Hadist

Sabtu, 17 April 2021 | 11:06 WIB Last Updated 2021-04-21T12:06:49Z


( Afnan Mufidah / Mahasiswa FEB UHAMKA )

Kabarpendidikan.id Dalam al qur’an surah Al-Isra / 17:70 yang artinya, MANUSIA adalah makhluk ALLAH SWT. Yang memiliki kelebihan dan keistimewaan dalam diri masing masing. Manusia juga di berikan potensi yang berupa akal untuk berfikir. Dengan potensi berfikir ini manusia dapat melakukan eksperimen, menganalisis, menarik kesimpulan dan membahas secara realitas. Dalam bentuk proses berfikir ini manusia mendapatkan pengetahuan yang lebih atau bisa di katakana bentuk proses belajar dan pembelajaran.

 

Dalam Al-Qur’an surah Al Mujadilah ayat 11.

Artinya : “ wahai orang orang yang beriman apabila dikatakan padamu, ‘’berilah kelapangan di dalam majelis majelis.’’ Maka lapangkanlah, niscaya Allah akan mamberikan kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘’berdirilah kamu,’’ maka berdirilah niscaya Allah akan mengangkat ( derajat ) orang – orang yang beriman di antaramu dan orang orang yang di beri ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Mujadilah  58:11). Jadi, Allah akan meninggikan derajat orng yg beriman juga berilmu.

 

Menurut Al Ghazali, Pendidikan islam ialah Pendidikan yang berupaya dalam pembentukan insan paripurna, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Menurut Al Ghazali pula manusia dapat mencapai kesempurnaan apabila mau berusaha mencari ilmu dan mengamalkan fadhilah melalui pengetahuan yang dipelajarinya. Pendidikan yang baik menurupakan modal utama dalm kemajuan peradaban manusia, terutama dalam hal pengembangan nilai-nilai normatif, sehingga Pendidikan tidak hanya menciptakan manusia yang pintar akan tetapi juga menciptakan manusia yang tahu akan tanggung jawabnya sebagai makhluk pribadi dan makhluk pribadi dan makhluk sosial.

Dalam hadist yang di riwayatkan oleh Ahmad yaitu :

“Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad ).

 

Pada zaman Nabi Muhammad saw. Belajar atau pembelajaran sudah ada dan proses nya Pendidikan islam berjalan seiring dengan usaha Rasulullah. Oleh karena itu Pendidikan islam merupakan Pendidikan kebutuhan pokok bagi setiap muslim dan pada prinsipnya kajian atas konsep Pendidikan islam akan membawa kepada konsep syariat agama karena bagaimanapun, agamalah yg harus jadi proritas atau akar Pendidikan.

 

Kesimpulan dalam belajar dan pembelajaran menurut petunjuk Alqur’an dan hadist yang di atas ialah dalam surat Al mujadilah ayat 11 menerangkan bawasanya Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman juga yang menuntut ilmu. Dan dalam hadist juga di terangkan bahwasannya menuntut ilmu itu wajib, ilmu berupa agama maupun akademik agar dapat Bersamaan dengan perputaran dunia, modernisasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, karena Pendidikan merupakan slah satu aspek terpenting dalam kehidupan dan menepati posisi yang sangat dominan dalam aktivitas manusia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan Dalam Pandangan Al Qur’an Dan Hadist

Trending Now

Iklan

iklan