Manfaat Manajemen Waktu dalam Kehidupan

Kamis, 22 April 2021 | 06:39 WIB Last Updated 2021-04-21T23:39:37Z


(Chintia Alvina / Mahasiswa Ekonomi Islam FEB UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Sering kali sebagai seseorang menunda mengerjakan berbagai macam tugas. Mereka berpikir bahwa tugas itu masih lama pengumpulannya karena itu mereka menunda mengerjakan tugas tersebut dan memilih melakukan hal yang tidak penting. Walaupun tugas tersebut masih lama deadline-nya, bukan berarti kita bisa menyepelekan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, tugas akan terus bertambah dan menumpuk jika tidak dikerjakan sesegera mungkin. Hal itu bisa membuat stress, kurang tidur, kualitas menjadi menurun, kurang efisien, melewati batas waktu yang ditentukan, dan ketidakseimbangan kehidupan.

 

Untuk menghindari ketidakseimbangan dalam kehidupan, kita dapat menggunakan manajemen waktu. Apa itu manajemen waktu ? Apa yang kita dapatkan jika kita menerapkan manajemen waktu dalam kehidupan? mari simak penjelasan berikut ini.

 

Time management atau manajemen waktu adalah proses dalam mengatur dan merencanakan bagaimana membagi waktu kita diantara aktivitas-aktivitas tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan kita untuk bekerja lebih cerdas bukan lebih keras sehingga kita dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, bahkan ketika waktu terbatas dan dalam tekanan. Jika gagal mengatur waktu akan merusak keefektifan waktu dan menyebabkan stress. Dalam sehari ada 24 jam, terasa waktu tersebut tidak cukup untuk menyelesaikan segala urusan kita. Jika kita semua sama memiliki waktu 24 jam, maka mengapa beberapa orang bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada yang lain?  Itu karena ia memiliki manajemen waktu yang efektif dan baik.

 

Manajemen waktu yang efektif adalah penggunaan waktu secara efektif sehingga kita bisa merencanakan hari agar kita bisa menyelesaikan tugas dengan usaha lebih sedikit dan memanfaatkan waktu yang terbatas secara maksimal. Kita bisa menggunakan teknik manajemen waktu untuk mencapai manajemen waktu yang efektif.

 

Teknik manajemen waktu adalah sekumpulan aturan dan prinsip yang harus diikuti agar bisa lebih produktif dan efisien waktu, membuat keputusan lebih baik dan cepat, dan menyelesaikan banyak tugas dengan waktu dan usaha yang lebih sedikit.  Ada banyak teknik manajemen waktu berdasarkan praktek terbaik manajemen waktu yang bisa kita lakukan yaitu:

§  Menulis apa yang harus kita lakukan

§  Mengerjakan yang penting terlebih dahulu

§  Menyisihkan waktu untuk tugas yang diprioritaskan, tugas rutin, dan waktu istirahat

§  Manajemen stress yang tepat

§  Manajemen tim yang tepat

§  Mengamati progress projek dan mengindentifikasi yang stuck

 

Disamping itu, kita juga harus mempertimbangkan skill manajemen waktu pribadi.

 

Mengetahui cara memanajemen waktu dengan tepat sangat penting karena memiliki keuntungan yang besar untuk rutinitas kerja dan kehidupan secara keseluruhan seperti:

§  Membantu mencapai apa yang kita inginkan dan lebih cepat

Ketika memahami pentingnya manajemen waktu, kita mendapatkan motivasi untuk segera berhenti melakukan hal yang tidak bermanfaat dan segera menyelesaikan tugas dan tujuan kita. Dengan begitu, kita dapat segera menyelesaikan tugas kita lebih cepat.

§  Membantu menyelesaikan tugas lebih banyak, tetapi dalam waktu yang lebih sedikit

Ketika mengatur waktu dengan tepat, kita bisa menyelesaikan tugas lebih banyak dan juga mendapat waktu untuk melakukan aktivitas yang kita suka. Mengalokasikan periode waktu secara spesifik untuk mengerjakan tugas dan berkomitmen untuk menyelesaikan rencana tersebut akan memiliki efek yang lebih baik daripada mengerjakan tugas tanpa waktu yang dialokasikan.

§  Dapat membantu memaksimalkan penggunaan waktu

Memanajemen waktu termasuk membuat to-do list, mengalokasi waktu untuk setiap item di to-do list, dan menjadwalkannya di kalender. Dengan melakukan hal tersebut, kita tidak akan bingung hal apa yang harus dilakukan selanjutnya.

§  Dapat mengerjakan lebih banyak tugas dengan waktu lebih sedikit dan pada akhirnya merasa lebih puas

Ketika kita mengatur waktu dengan benar, kita akan menikmati perasaan sukses karena telah menghabiskan item to-do list.

§  Membuat kita merasa lebih tenang

Ketika kita memanajemen waktu dengan benar, kita tidak akan mencemaskan deadline yang lupa atau melupakan suatu urusan karena kita telah merencanakannya sehingga hal tersebut tidak akan terjadi.

 

Time = life; therefore, waste your time and waste of your life, or master your time and master your life.” (Alan Lakein), dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “Waktu sama dengan hidup; jadi, sia-siakan waktumu dan kamu akan sia-siakan hidupmu, atau kuasai waktumu dan kamu akan kuasai hidupmu”. Dalam quotes tersebut, kita mempunyai dua pilihan yaitu jika kita sia-siakan waktu, maka kita juga akan menyia-nyiakan hidup kita dan jika kita menguasai waktu yang kita punya, maka kita bisa menguasai hidup kita untuk lebih baik. Menguasai waktu salah satunya dengan cara memanajemen waktu dengan tepat. Memanajemen waktu membuat kegiatan yang ingin dilakukan menjadi teratur, terarah, dan terjadwal sehingga kita bisa segera menyelesaikan tugas lainnya. Jika kita belum bisa memanajemen waktu dengan baik maka waktu yang kita miliki terbuang sia-sia begitu saja yang membuat hidup menjadi tidak terarah dan tidak produktif.

 

Pentingnya manajemen waktu sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam hidup kita. Mulailah dari sekarang memanajemen waktumu dan jangan sampai waktumu yang berharga terbuang sia-sia begitu saja. Biasakan membuat jadwal dan rencana setiap hari, minggu, atau bulan yang ingin dilakukan dan dicapai. Setelah terbiasa kita akan merasakan antara sebelum dan sesudah memanajemen waktu kita karena terorganisir dan terencana kegiatan yang akan diakukan. Dengan begitu, kita akan terbiasa menggunakan manajemen waktu.

 

Pada akhirnya, sekali kita belajar bagaimana cara manajemen waktu, kita juga belajar bagaimana menyelesaikan lebih banyak tugas terutama yang paling penting dengan waktu lebih sedikit dan fokus lebih. Manajemen waktu dapat mengubah gaya hidup kita lebih baik. Kita harus berhenti membuang-buang waktu dan menggunakan waktu dengan bijak. Jangan sampai menyesal dikemudian hari, terus semangat, dan jangan pernah menunda-nunda tugasmu lagi karena waktumu begitu berharga.

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Manajemen Waktu dalam Kehidupan

Trending Now

Iklan

iklan