Kondisi Pendidikan di Masa Pandemi

Rabu, 07 April 2021 | 15:13 WIB Last Updated 2021-04-07T23:17:26Z


Rizkita Dinda Ardhany/ Mahasiswa Pendidikan B. Inggris FKIP UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia memang tidak ada habisnya. Masalah disana-sini masih sering terjadi. Pendidikan merupakan sesuatu hal yang mendasari untuk membangun generasi penerus bangsa. Namun untuk langkah pembangunan,pendidikan di Indonesia perlu juga mengikutI perkembangan zaman. 


Keinginan manusia untuk berpikir jernih dan berkreasi adalah hal yang manusiawi tidak bisa dibatasi oleh orang lain, sarana dan daya dukungnya adalah pendidikan yang harus diperioritaskan, supaya daya berpikir itu bisa berkembang dengan efektif. Inilah dampak yang akan terjadi terutama bagi kaum muda yang sedang berproses dalam dunia pendidikan.


Pendidikan yang terjadi di tengah covid-19 mengalami degradasi, baik dari segi nilai, kualitas, juga ouputnya. Situasi pendidikan saat ini mengalami tantangan yang begitu luar biasa beratnya, membutuhkan solusi yang tepat dari pemerintah serta membuat terobosan baru supaya pendidikan bisa diberdayakan dari situasi ini. Pendidikan saat ini dibanding dengan pendidikan sebelumnya mengalamai perbedaan yang signifikan , pendidikan sebelumnya berlaku seperti biasa siswa memperoleh pengetahuan di dalam ruangan kelas di suatu lembaga pendidikan tertentu yang berlaku secara formal. Tetapi pendidikan ditengah covid-19 melaui daring semuanya berbasis jaringan, belajar dari rumah saja, dengan mengandalkan teknologi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari semua ini adalah untuk menjaga penyebaran dari virus korona.


Pandemi covid-19 ini, orang tua harus sadar bahwa membentuk karakter anak bukanlah hal yang mudah, dan upaya dalam pembentukan karakter tidak hanya dapat dilakukan dengan pemberian peringatan yang lembut, karena terkadang beberapa anak didik harus diberi peringatan dengan keras yang memiliki efek jerah atas kesalahan yang mereka lakukan.


Namun, pembelajaran dari rumah juga memberi kesadaran kepada orangtua bahwa mendidik anak itu ternyata tidak mudah. Diperlukan ilmu dan kesabaran yang sangat besar. Sehingga dengan kejadian ini orangtua harus menyadari dan mengetahui bagaimana cara membimbing anak-anak mereka dalam belajar. Setelah mendapat pengalaman ini diharapkan para orangtua mau belajar bagaimana cara mendidik anak-anak mereka di rumah.


Dengan demikian, pembelajaran secara daring ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di samping tetap bisa belajar dari rumah. Kita harus tetap bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kondisi Pendidikan di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan