Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Mindmapping

Selasa, 06 April 2021 | 10:28 WIB Last Updated 2021-04-06T03:28:24Z


(Wildan Akbar Sultoni /Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Dalam dunia pendidikan sekarang ini, peran seorang guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi menjadi seorang direktur belajar. Dengan kata lain diharapkan setiap guru dapat membimbing dan meningkatkan minat dan kebiasaan belajar siswa agar berhasil dalam pembelajaran. Sesuai dengan tujuan kegiatan Pendidikan dan proses kognitif. Tujuan dari proses pendidikan adalah tujuan akhir dari proses pendidikan yang sedang dibangun dan dikembangkan Indonesia. Pada dasarnya tujuan ini Melalui pendidikan yang memadai, tertib, teratur dan tepat sasaran, kita akan membangun masyarakat Indonesia yang lebih kreatif.


Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah Mind mapping. Dalam Mind mapping sistem bekerja otak diatur secara alami. Otomatis kerjanya pun sesuai dengan kealamian cara berpikir manusia. Mind mapping membuat otak manusia tereksplor dengan baik, dan bekerja sesuai fungsinya.


Mind mapping membantu siswa mengingat pelajaran dan menerapkannya saat mengikuti ujian. Mind mapping dapat membantu siswa memecahkan masalah dan membuat keputusan terkait masalah tersebut. Selain itu, menggunakan Mind mapping merupakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengolah dan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri.


Pada dasarnya Mind Map dihasilkan dari perpaduan antara pola berfikir lurus dan pola berfikir memancar, fungsi Mind Map dalam rangka mengembangkan kemampuan motorik halus siswa dalam hal mengembangkan kemampuan motorik halus siswa banyak yang terfokus kepada hasil akhir, yaitu agar siswa cepat menulis. Pada prinsipnya setiap siswa memiliki potensi optimal apabila pengelolaan otak seimbang. Otak kita memiliki dua area yang peranannya terbagi menjadi tugas-tugas yang berkaitan dengan aspek kognitif (otak kiri) dan tugas-tugas yang berkaitan dengan imajinasi (otak kanan).







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Mindmapping

Trending Now

Iklan

iklan