Mahasiswa FAI Uhamka Mengabdi untuk Negeri melalui Kegiatan KKS

Senin, 08 Maret 2021 | 11:14 WIB Last Updated 2021-03-08T04:28:30Z


Kabarpendidikan.id
Kuliah Kerja Sosial (KKS) ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Mahasiswa Fakultas Agama Islam dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) tingkat akhir terhadap masyarakat di lingkungan sekitar. Adapun kelompok 3  KKS ini terdiri dari 3 orang yakni Siti Durriah, Fathiyah Hana Nabila, dan Lina Fauziah  yang dibimbing oleh ibu Lismawati M.Pd selaku dosen pembimbing dalam melaksanakan Kuliah Kerja Sosial (KKS) yang bekerjasama dengan lembaga mitra KKS yakni Rumah Pintar untuk Yatim Dan Kaum Dhuafa yang berlokasi di mampang prapatan, Jakarta Selatan.


Kegiatan KKS ini dilaksanakan secara online dengan mengadakan 2 webinar dalam satu hari terhadap para tenaga pengajar di Rumah Pintar  maupun secara umum dikarenakan masih adanya pandemi covid-19. Pelaksanaan Webinar pertama dengan tema Pelatihan Video pembelajaran menarik berbasis aplikasi Kinemaster masa pandemi covid-19 yang  diadakan pada hari Kamis tanggal 25 Februari lalu melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri oleh 28 peserta dengan 2 narasumber yaitu Ibu Lismawati M.Pd dan Ibu Miatin rahmawati  selaku dosen FAI UHAMKA ini Alhamdulillah telah berjalan dengan sukses dan lancar.


Kegiatan webinar kedua bertemakan Peranan Pendidikan Karakter Islami masa  pandemi Covid-19 dilaksanakan pada hari yang sama yakni hari kamis tanggal 25 Februari 2021 pada pukul 13.30- 15.00 WIB. dengan narasumber yaitu Abduh Fauzan S.Pd.I yang dihadiri oleh para tenaga pengajar rumah pintar maupun umum berjumlah 20 peserta melalui aplikasi zoom meeting.


Lismawati selaku Kaprodi dan juga salah satu dari narasumber webinar ini mengungkapkan bahwa "kegiatan KKS yang biasanya dilakukan di suatu daerah tertentu pada tahun-tahun sebelumnya namun dengan adanya kondisi pandemi covid-19 ini dilakukan secara daring sebagai program pengabdian mahasiswa FAI UHAMKA kepada mitra KKS yakni Rumah Pintar yang telah mewadahi ananda mahasiswa FAI UHAMKA kelompok 3 ini," ujarnya.


Dilain pihak, Miatin Rahmawati sebagai dosen FAI Uhamka menuturkan bahwa "guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi yang diajarkan meskipun harus dilakukan secara online dan salah satunya video pembelajaran  mengedit kinemaster melalui smartphone menjadi salah satu media yang termasuk efektif sehingga tidak monoton dalam penyampaian materi pembelajaran saat pandemi covid 19.


Target dari adanya program webinar tentang video pembelajaran kinemaster ini adalah output para calon tenaga guru dan juga tenaga pengajar dapat menggunakan berbagai macam media pembelajaran yang menarik salah satunya melalui video pembelajaran menarik tentang materi yang diajarkan agar peserta didik dapat memperoleh materi dengan cara menyenangkan dan mudah dipahami. Sedangkan webinar yang kedua mengenai peranan pendidikan karakter Islami agar para tenaga pengajar dapat terus memprogramkan pendidikan karakter secara Islami meskipun sulitnya menanamkan karakter islami di tengah pandemic covid-19 ini.


“Saya merasa senang diberi kesempatan menjadi narasumber pendidikan karakter Islami dalam pelaksaanaan kegiatan KKS dan mengucapkan terima kasih kepada kelompok KKS yang mengadakan webinar dengan melibatkan rumah pintar yang kami kelola”, ujar Abduh Fauzan S.Pdi selaku Ketua Rumah Pintar Jakarta Raya. 


Maka kami selaku kelompok 3 mengharapkan kegiatan KKS melalui webinar ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat kepada mitra Rumah Pintar khususnya dan peserta lain umumnya  tentang webinar salah satu media dalam video pembelajaran melalui aplikasi kine master oleh guru dan calon guru yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan peserta didik dalam pembelajaran online masa pandemi covid – 19 dan juga webinar tentang Peranan pendidikan karakter Islami di masa Pandemi Covid-19.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FAI Uhamka Mengabdi untuk Negeri melalui Kegiatan KKS

Trending Now

Iklan

iklan