World Hijab Day, Momentum Perlawanan Diskriminasi Terhadap Wanita Berhijab

Senin, 01 Februari 2021 | 20:00 WIB Last Updated 2021-02-01T13:00:39Z


Kabarpendidikan.id
Hari Hijab Sedunia atau yang dikenal dengan istilah World Hijab Day diperingati setiap tanggal 1 Februari. Jika ditilik secara historis, World Hijab Day ini awalnya berbentuk kampanye yang dicetuskan oleh seorang aktivis sosial berhijab asal Bangladesh bernama Nazma Khan. Nazma yang saat ini menetap di Bronx, Amerika Serikat bercerita di situs resmi World Hijab Day bahwa ia sering mendapat perlakuan diskriminatif dan rasis sejak ia menggunakan hijab untuk pertama kalinya di usia 11 tahun. Dari pengalaman pahit yang dialaminya ia memutuskan untuk menetapkan tanggal 1 Februari 2013 sebagai Hari Hijab Sedunia (World Hijab Day) dan memulai kampanyenya dengan cara mengajak para perempuan yang ditemuinya untuk mengenakan hijab selama satu hari.

 

World Hijab Day merupakan bentuk perlawanan terhadap aksi diskriminasi yang dirasakan oleh para wanita berhijab di luar negeri sekaligus melawan stigma negatif terhadap Islam. Kampanye ini juga mampu memberikan edukasi terhadap wanita Muslim tentang aurat perempuan dan kewajiban menutup aurat dalam Islam seperti yang diterangkan dalam surah Al-Azhab :59, Al-A’raf :26 dan An Nur :31.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S. Al-Azhab : 59)

 

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ
Wahai Anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat (Q.S. Al-A’raf : 26)

 

 

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ
Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung (Q.S. An Nur : 31)

 

Cara melakukan kampanye World Hijab Day pun beragam, di luar negeri sering diadakan eksperimen sosial terhadap wanita Muslim maupun non Muslim untuk mengenakan hijab lalu menanyakan bagaimana rasanya berhijab. Eksperimen sosial ini dilakukan dalam rangka untuk menumbuhkan rasa toleransi terhadap umat Islam di luar negeri.

 

Sedangkan di Indonesia ada event Gerakan Menutup Aurat (GEMAR) yang dilakukan dengan cara pembagian hijab secara gratis dan mengajak para wanita Muslim yang belum berhijab untuk mencoba memakai hijab selama sehari.

 

Dengan adanya kampanye World Hijab Day yang semakin membumi semoga menjadi jalan dakwah kepada muslimah bahwa berhijab merupakan cara dari-Nya untuk memuliakan muslimah.

 

(Tisya Meilina Amalia / Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • World Hijab Day, Momentum Perlawanan Diskriminasi Terhadap Wanita Berhijab

Trending Now

Iklan

iklan