Tuntutan Belajar Kreatif di Masa Pandemi

Selasa, 02 Februari 2021 | 10:55 WIB Last Updated 2021-02-02T08:04:01Z


Kabarpendidikan.id
Tentu saja kalian semua tau saat ini sedang mewabah virus yang sangat berbahaya dan mematikan, yang biasa kita kenal Covid-19. Virus ini sudah merubah banyak hal, salah satunya dalam pendidikan. Pendidikan di beberapa negara termasuk negara kita mengalami perubahan yang sangat signifikan, biasanya para siswa sekolah dengan tatap muka menjadi sekolah dirumah saja.  Para siswa tidak bisa bertemu dengan teman-teman maupun gurunya secara langsung. Tentu itu semua membuat siswa merasa bosan.

 

Apa saja yang bisa dilakukan guru agar para siswa tidak bosan dengan pembelajaran di rumah aja seperti sekarang? banyak pembelajaran baru yang bisa dilakukan oleh para guru. Guru bisa membuat materi dengan video pembelajaran yang menarik agar siswa semangat belajar atau mengajak para siswa untuk melakukan pertemuan online, agar para siswa bisa melihat guru dan teman-temannya. Untuk tugas harian, guru juga bisa menugaskan siswa yang melatih kreativitas mereka, seperti membuat daur ulang barang bekas dengan tujuan dapat memanfaatkan barang bekas dan membuat para siswa menjadi lebih kreatif.

 

Guru sebisa mungkin berusaha untuk terus mendorong para siswa agar terus semangat dan tidak bosan. Motivasi-motivasi belajar dari guru juga bisa membuat para siswa menjadi lebih semangat. Bukan hanya guru, orang tua di rumah juga harus membantu menyemangati anak-anaknya agar mereka tidak merasa bosan. Jadi, pembelajaran di rumah aja ini dibutuhkan kerja sama antara guru dan orang tua.

 

Tentu saja ini hal yang tidak mudah, kita semua harus terus berdoa dan menjaga kesehatan agar pandemi ini segera berakhir. Bila pandemi ini berakhir kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Para siswa juga bisa kembali sekolah dengan tatap muka. Maka dari itu, kita semua harus tetep dirumah aja.

 

(Devina Putri Haryanto/ Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tuntutan Belajar Kreatif di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan